PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Main Article Content

Felianita Samadara
Carolina Selfisina Ayal
Darma Andreas Ngilawajan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Bentuk Aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII5 SMP Negeri 15 Ambon Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus II ke Siklus III yaitu pada siklus II persentase hasil belajar adalah 52% dan persentase hasil belajar siklus III adalah 92%. Dengan demikian model pembelajaran TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Ambon pada Materi Bentuk Aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samadara, F., Ayal, C., & Ngilawajan, D. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 1-4. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p1-4
Section
Articles

References

Andriani, J. (2014). Model Application of Missouri Mathematics project cognitive Ability to Improve Student I Comparative Materials and Scale Primary School. Published Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan
Ali, H & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers
Choesni, N. (2018). Penggunaan Strategi Think Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Materi Bangun Ruang di Kelas Xii SMA Negeri Siwalima Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 1(1), 23-31.
Ratumanan T. G & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan, edisi 2. Surabaya: Unesa University Press
Reny, T. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Talk-Write Dan Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 3 Kediri.
Rusmono, (2012). Pengertian Hasil Belajar. http://eprints.uny.ac.id/9829/2/bab2.pdf, Diakses 23 Juni 2019
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yokyakarta: Ar. Ruzz Media
Suprijono, A. (2011). Cooperatife Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tutuhatunewa, E. & Laurens, Th. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunika.