PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

KAJIAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 AMBON

  • Harrys Velle Huwae Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
  • Novalin C Huwaa Universitas Pattimura
Keywords: barisan,hasil belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI SMA Negeri 12 Ambon.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan termasuk pemberian tes akhir pada siklus I dan siklus II.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Ambon pada siklus I adalah sebesar 34,62%. Sedangkan nilai persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,08%. Dengan demikian, hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Ambon pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 38,46% melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed-2. Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-5.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Santoso, M. B., Rachim, H. A., & Syauqina, D. A. (2018). Komunikasi Kelompok Sebagai Faktor Pendorong Terbentuknya Kerjasama Dalam Menyelesaikan Pekerjaan K3L Di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 198. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18371

Slameto. (2011). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Semarang: Widya Sari Press.

Soedjadi, R. (2006). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Suryosubroto, (2009).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Published
2020-11-12
How to Cite
Huwae, H., Molle, J., & Huwaa, N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 30-34. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p30-34