PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

  • Erni Erfiani Unifersitas pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Darma A Ngilawajan Universitas Pattimura
Keywords: model pembelajaran terbalik, model konvensional, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan model pembelajaran konvensional pada materi Persamaan Garis Lurus untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon. Tipe penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon dengan jumlah siswa 230 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa, dipilih menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari soal uraian untuk tes akhir. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik, yaitu uji-t dan hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)  dan model pembelajaran konvensional pada materi Persamaan Garis Lurus. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan yang diperoleh, yaitu nilai t  hitung < t tabel yaitu 0,034 < 0,01.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jihad, A. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: : Multi Presindo.

Pattimukay, N. 2006. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 2 Ambon. Ambon: Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unpatti.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar dan Pembelajaran serta faktor-faktor yang mampengaruhinya. Yogyakarta: Kavling Rewulu Wetan.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajara Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarat: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2011. Psikolog Pendidikan (Teori Dan Praktik). Jakarta: Indeks.

Susanto, A. 2013. Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prananda Media Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur. Masmedia Buana Pustaka.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarat: Bumi Aksara

Published
2021-04-30
How to Cite
Erfiani, E., Moma, L., & Ngilawajan, D. (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 41-45. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p41-45