PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan model pembelajaran konvensional pada materi Persamaan Garis Lurus untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon. Tipe penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Ambon dengan jumlah siswa 230 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa, dipilih menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari soal uraian untuk tes akhir. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik, yaitu uji-t dan hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) dan model pembelajaran konvensional pada materi Persamaan Garis Lurus. Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan yang diperoleh, yaitu nilai t hitung < t tabel yaitu 0,034 < 0,01.
Downloads
References
Jihad, A. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: : Multi Presindo.
Pattimukay, N. 2006. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 2 Ambon. Ambon: Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Unpatti.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ratumanan, T. G. 2015. Belajar dan Pembelajaran serta faktor-faktor yang mampengaruhinya. Yogyakarta: Kavling Rewulu Wetan.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajara Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarat: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. 2011. Psikolog Pendidikan (Teori Dan Praktik). Jakarta: Indeks.
Susanto, A. 2013. Teori dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prananda Media Group.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur. Masmedia Buana Pustaka.
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarat: Bumi Aksara
Copyright (c) 2020 Erni Erfiani, La Moma, Darma A Ngilawajan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.