PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (PISK) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan post test only group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon yang diajarkan dengan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (PISK) dan model pembelajaran konvensioanl pada operasi hitung bentuk aljabar. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada SPSS 20.0, menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) kurang dari α (0,032<0,05) yang mengakibatkan H0 di tolak
Downloads
References
Aroman. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Kartika Ambon yang Diajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (PISK), Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Interaktif pada Materi Matriks. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pattimura Ambon.
Kholik, M. 2010. Metode Pembelajaran Konvensional. Online (diakses 10 Oktober 2019).
Mochammad, A. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Ratumanan, T. G. 2002. Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (Model PISK). Surabaya: Program S3 Pendidikan Matematika PPS Universitas Negeri Surabaya.
Ratumanan, T. G. 2002. Pengenalan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (Model PISK). Bulletin Pendidikan Matematika 4(1).
Ratumanan, T. G. 2015. Belajar dan Pembelajaran.. Surabaya: Unessa University Press.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.
Sanjaya, A. A. 2011. Pembelajaran Konvensional: tersedia pada Konvensional. (diakses tanggal 8 Februari 2019)
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2020 Chintia Fedrika Romi Selanno, Carolina Selfisina Ayal, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.