PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

  • Chintia Fedrika Romi Selanno Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene
Keywords: pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif, operasi hitung bentuk aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (PISK) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan post test only group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Ambon yang diajarkan dengan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (PISK) dan model pembelajaran konvensioanl pada operasi hitung bentuk aljabar. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada SPSS 20.0, menunjukkan bahwa sig.(2-tailed) kurang dari α (0,032<0,05) yang mengakibatkan H0 di tolak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aroman. 2008. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Kartika Ambon yang Diajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (PISK), Model Pembelajaran Kontekstual dan Model Pembelajaran Interaktif pada Materi Matriks. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pattimura Ambon.

Kholik, M. 2010. Metode Pembelajaran Konvensional. Online (diakses 10 Oktober 2019).

Mochammad, A. 2013. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Ratumanan, T. G. 2002. Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (Model PISK). Surabaya: Program S3 Pendidikan Matematika PPS Universitas Negeri Surabaya.

Ratumanan, T. G. 2002. Pengenalan Model Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif (Model PISK). Bulletin Pendidikan Matematika 4(1).

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar dan Pembelajaran.. Surabaya: Unessa University Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa.

Sanjaya, A. A. 2011. Pembelajaran Konvensional: tersedia pada Konvensional. (diakses tanggal 8 Februari 2019)

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2021-04-30
How to Cite
Selanno, C., Ayal, C., & Tamalene, H. (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 35-40. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p35-40