PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI UPUHUPUN MALUKU BARAT DAYA PADA MATERI JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING

  • Regina Waremra Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Magy Gaspersz Universitas Pattimura
Keywords: jajargenjang, hasil belajar, model pembelajaran brain based learning, trapesium

Abstract

Barat Daya dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) pada materi jajargenjang dan trapesium. Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) adalah pembelajaran yang didasarkan dengan cara kerja alami otak masing-masing siswa dalam memahami suatu materi dengan memanfaatkan seluruh fungsi otak, dimana fokusnya agar siswa menyenangi dan menyukai belajar sebagai upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan lembaran observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatitif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I terdapat 2 siswa yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu  yang ditetapkan di SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya atau dengan persentase yang tuntas meningkat pada siklus II dengan persentase atau terdapat 10 siswa yang mencapai nilai KKM serta meningkat pada siklus III dengan persentase  atau terdapat 13 siswa yang mencapai nilai KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya pada materi jajargenjang dan trapesium

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahfudin, A. 2009. Profesionalisme Jabatan Guru di Era Globalisasi. Bandung: Rizqi Press.

Ratumanan, T. G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, N. C., Marsigit. 2015. Pengaruh Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224-234.

Sukmadinata, N. S. 2013. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukoco, H. 2014. Efektivitas Pendekatan Brain-Based Learning (BBL) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AgriSains, 5(2), 152.

Tung, K. Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta Barat: Indeks

Published
2021-04-30
How to Cite
Waremra, R., Laurens, T., & Gaspersz, M. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI UPUHUPUN MALUKU BARAT DAYA PADA MATERI JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 46-55. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p46-55