PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI UPUHUPUN MALUKU BARAT DAYA PADA MATERI JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING
Abstract
Barat Daya dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) pada materi jajargenjang dan trapesium. Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) adalah pembelajaran yang didasarkan dengan cara kerja alami otak masing-masing siswa dalam memahami suatu materi dengan memanfaatkan seluruh fungsi otak, dimana fokusnya agar siswa menyenangi dan menyukai belajar sebagai upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 3 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan lembaran observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatitif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I terdapat 2 siswa yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu yang ditetapkan di SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya atau dengan persentase yang tuntas meningkat pada siklus II dengan persentase atau terdapat 10 siswa yang mencapai nilai KKM serta meningkat pada siklus III dengan persentase atau terdapat 13 siswa yang mencapai nilai KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Upuhupun Maluku Barat Daya pada materi jajargenjang dan trapesium
Downloads
References
Mahfudin, A. 2009. Profesionalisme Jabatan Guru di Era Globalisasi. Bandung: Rizqi Press.
Ratumanan, T. G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, N. C., Marsigit. 2015. Pengaruh Pendekatan Discovery yang Menekankan Aspek Analogi terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Kecerdasan Emosional Spiritual. Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224-234.
Sukmadinata, N. S. 2013. Pengembangan Kurikulum (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukoco, H. 2014. Efektivitas Pendekatan Brain-Based Learning (BBL) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AgriSains, 5(2), 152.
Tung, K. Y. 2015. Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta Barat: Indeks
Copyright (c) 2020 Regina Waremra, Theresia Laurens, Magy Gaspersz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.