PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN EKSPONEN

Kajian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Leihitu

  • Lastri Santy Hataul Universitas Pattimura Ambon
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, quick on the draw, konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Leihitu yang diajar dengan model  pembelajaran kooperatif  tipe Quick On The Draw dan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Leihitu yang terdiri dari 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 dan  kelas X IPA2 sebanyak 73 siswa. Siswa kelas X IPA2 diajar dengan  model  kooperatif  tipe Quick On The Draw dan siswa kelas X IPA1 diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian  adalah eksperimen (Experimental Research). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar (Post test) bentuk isian sebanyak 5 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas tes menggunakan  uji  F. Hasil pengujian kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw adalah 39,79 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran konvensional adalah 31,53. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh taraf signifikan 0,005. Ternyata nilai signifikansi (2-tailed) 0,005 < 0,05 , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga diperoleh  kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Quick On The Draw dan  konvensional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Asmani, J. M. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013

Hamalik,Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanto. 2009. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmawati,T.,& Daryanto. 2015. Teori Belajar & Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press

Published
2021-05-01
How to Cite
Hataul, L., Mataheru, W., & Moma, L. (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERSAMAAN EKSPONEN. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(2), 56-63. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i2.p56-63