PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
Penelitian ini diarahkan untuk mengkaji perbedaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair share (TPS) dan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masohi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika sosial. Sehingga analisis data yang dapat digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif denhan cara menghitung nilai hasil belajar yang didasarkan pada rumus yang digunakan oleh Purwanto, 2009 yang selanjutnya diklasifikasikan dengan penilaian acuan patokan (PAP). Adapun hasil yang dperoleh dari penelitian ini yaitu Terdapat perbedaan hasil balajar siswa VII SMP Negeri 1 Masohi pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran konvensional pada materi aritmetika sosial. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 62,5740 dan kelas kontrol sebesar 46,1175. Adanya perbedaan ini didukung pula dengan hasil pengolahan data untuk uji-t yakni nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari nilai α yakni 0,012 lebih kecil dari 0,05
Downloads
Copyright (c) 2021 Julia Bertha Tomatala, Juliana Selvina Molle, Carolina Selfisina Ayal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.