PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

  • Deviluce Keliwulan Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran think talk write, model pembelajaran konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sisiwa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 7 Ambon. Tipe penelitian ekperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design. Pupulasi dalam pennelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Ambon yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 225 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa, dipilih melalui purposive sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari soal uraian untuk tes akhir. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik, yaitu Uji-t dan hasil penelitian menujukan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas ekperimen dan kelas control yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indriani. 2015. Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan model pembelajaran konvensional. (skripsi)

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press.

Soedjadi, 2012. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat pendidikan Tinggi Departemen pendidikan.

Suprijono 2013. Cooperative learning.Teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: pustaka belajar

Sukmadinata 2012, Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Shoimin, A. 2014.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Yamin & Bansul. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung persada press Jakarta, cet. pratama

Published
2021-08-18
How to Cite
Keliwulan, D., Moma, L., & Tamalene, H. (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(2), 40-45. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i2.p40-45