PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

  • Mersi Yospina Huwae Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, think talk write

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manakah model pembelajaran yang unggul dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran koopertif tipe Think Talk Write (TTW). Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe desain Posttest Only Group Design. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purpose Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat model yang unggul dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran koopertif tipe Think Talk Write (TTW). Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan dengan menggunakan uji lanjut yaitu, uji Tukey’s HSD yang diperoleh nilai HSD = 11,8011 dan dibandingkan dengan nilai rata-rata antar kelompok untuk X1 = 58,79 dan X2 = 67,03, maka nilai X2 = 67,03 mempunyai nilai rata-rata yang tinggi bila dibandingkan dengan nilai HSD  11,8011 yang menyebabkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write  (TTW) yang lebih unggul

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasriani. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Makassar: Jurusan Matematika FKIP-Universitas Muhammadiyah Makassar. (http://www.google.com/proposal-matematika-kooperatif-tipe-team-assisted-individualizatian-tai.doc/). Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019.

Sanjaya. W. H. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suyatno. 2009. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, M. B. 2012. Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group

Published
2021-08-19
How to Cite
Huwae, M., Mataheru, W., & Ayal, C. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(2), 46-50. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i2.p46-50