PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manakah model pembelajaran yang unggul dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran koopertif tipe Think Talk Write (TTW). Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe desain Posttest Only Group Design. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purpose Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat model yang unggul dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran koopertif tipe Think Talk Write (TTW). Hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan dengan menggunakan uji lanjut yaitu, uji Tukey’s HSD yang diperoleh nilai HSD = 11,8011 dan dibandingkan dengan nilai rata-rata antar kelompok untuk X1 = 58,79 dan X2 = 67,03, maka nilai X2 = 67,03 mempunyai nilai rata-rata yang tinggi bila dibandingkan dengan nilai HSD 11,8011 yang menyebabkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang lebih unggul
Downloads
References
Hasriani. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Makassar: Jurusan Matematika FKIP-Universitas Muhammadiyah Makassar. (http://www.google.com/proposal-matematika-kooperatif-tipe-team-assisted-individualizatian-tai.doc/). Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019.
Sanjaya. W. H. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suyatno. 2009. Menjelajahi Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yamin, M. B. 2012. Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: GP Press Group
Copyright (c) 2021 Mersi Yospina Huwae, Wilmintjie Mataheru, Carolina S Ayal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.