ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA BERDASARKAN PENYELESAIAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan penyelesaian soal persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Katolik Ambon tahun ajaran 2019/2020 pada kelas VIII. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A, hasil tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berbeda-bedan dan dibagi dalam 4 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Selain itu, merujuk pada hasil wawancara terhadap subjek, ditemukan bahwa DS dan GP merupakan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep relasional, sedangkan MP, CG dan FR merupakan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep instrumental
Downloads
Copyright (c) 2021 Ema Teresia Olingir, Juliana Selvina Molle, Darma Andreas Ngilawajan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.