PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR

  • Anggria Septiani Mulbasari Universitas PGRI palembang
  • Marhamah Marhamah Universitas PGRI Palembang
  • Robiyatun Robiyatun Universitas PGRI Palembang
Keywords: pengembangan, addie, lembar kerja peserta didik, problem based learning, program linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi program linear yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, and evaluation. Objek penelitian adalah kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi program linear. Hasil penelitian ini diperoleh dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek efek potensial. a) aspek kevalidan diperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian para ahli atau validator dengan total skor rata-rata sebesar 89,6%; b) aspekĀ  kepraktisan diperoleh kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 87,9%; c) aspek efek potensial dengan kriteria sangat baik berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 82,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W.D., & Wutsqa D.U. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Projek Based Learning Pada Materi Program Linear Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-15.

Bili, M.R., & Ate, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Program Linear Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 81-86.

Hangestiningsih, E., Zulfiati, H.M., & Johan, A.B. (2015). Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Haviz, M. (2016). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib, 16.

Herdiansyah, K. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Bandar Lampung: Tesis: Universitas Lampung.

Hutapea, M.D. (2018). Penggunaan Metode Belajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Menaikan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Program Linear Di Kelas XII IPA-1 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pinangsori Tahun Pelajaran 2017/2018. PeTeKa, 1(2), 72-81.

Kharisma, J.Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

Lestari, S.E.C.A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.

Nuranisa, R.A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Melalui Metode Group Investasi Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.

Nurhidayati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar. Skripsi: UIN Alauddin Makassar.

Pansa H.E. (2017). Pengembangan LKPD Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 229-239.

Pardede, T.E., Hartoyo, A., & Ahmad, D.B.S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai LKPD Pada Materi Program Lienar Di SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (2 ed.). Yogyakarta: DIVA Press.

Purwasi, L.A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18-26.

Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.

Ridwan, M., Nurhakim, I., & Sulistiawati. (2019). Analisis Permasalahan Peserta Didik Terkait Pemahaman Pada Materi Program Linear Serta Alternatif Solusinya. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 63-72.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2016). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tamarudin, A. & Fathurohman, I. (2020). Analisis Faktor Otentik Kesulitan Belajar Program Linear Berbasis Problem Based Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 8-14.

Published
2021-08-03
How to Cite
Mulbasari, A., Marhamah, M., & Robiyatun, R. (2021). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(2), 28-34. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i2.p28-34