PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi program linear yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, and evaluation. Objek penelitian adalah kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi program linear. Hasil penelitian ini diperoleh dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek efek potensial. a) aspek kevalidan diperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian para ahli atau validator dengan total skor rata-rata sebesar 89,6%; b) aspekĀ kepraktisan diperoleh kriteria sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 87,9%; c) aspek efek potensial dengan kriteria sangat baik berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 82,1%.
Downloads
References
Astuti, W.D., & Wutsqa D.U. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Projek Based Learning Pada Materi Program Linear Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-15.
Bili, M.R., & Ate, D. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Program Linear Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(2), 81-86.
Hangestiningsih, E., Zulfiati, H.M., & Johan, A.B. (2015). Diktat Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Haviz, M. (2016). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib, 16.
Herdiansyah, K. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Bandar Lampung: Tesis: Universitas Lampung.
Hutapea, M.D. (2018). Penggunaan Metode Belajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Menaikan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Program Linear Di Kelas XII IPA-1 Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pinangsori Tahun Pelajaran 2017/2018. PeTeKa, 1(2), 72-81.
Kharisma, J.Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.
Lestari, S.E.C.A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.
Nuranisa, R.A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Melalui Metode Group Investasi Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.
Nurhidayati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTsN Model Makassar. Skripsi: UIN Alauddin Makassar.
Pansa H.E. (2017). Pengembangan LKPD Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 229-239.
Pardede, T.E., Hartoyo, A., & Ahmad, D.B.S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai LKPD Pada Materi Program Lienar Di SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (2 ed.). Yogyakarta: DIVA Press.
Purwasi, L.A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18-26.
Rahman, M. (2017). Ilmu Administrasi. Makassar: CV Sah Media.
Ridwan, M., Nurhakim, I., & Sulistiawati. (2019). Analisis Permasalahan Peserta Didik Terkait Pemahaman Pada Materi Program Linear Serta Alternatif Solusinya. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 63-72.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2016). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tamarudin, A. & Fathurohman, I. (2020). Analisis Faktor Otentik Kesulitan Belajar Program Linear Berbasis Problem Based Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 8-14.
Copyright (c) 2021 Anggria Septiani Mulbasari, Marhamah Marhamah, Robiyatun Robiyatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.