ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1O AMBON

  • Natalia Latumeten Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi trigonomteri di kelas X SMA Negeri 10 Ambon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitianadalah 3 siswa dengan kategori, siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah berdasarkan hasil tes siswa. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban siswa dan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 3 siswa. Analisia data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal trigonomteri dari tiga soal yang diberikan masih tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dari ketiga subjek menunjukan bahwa siswa lebih cenderung merasa kesulitan pada tahap memahami masalah, membuat rencana dan melaksanakna rencana. Siswa sering lupa dengan konsep yang terkait dengan soal sehingga menyulitkan siswa untuk menyelesaiakan soal berbentuk soal uraian yang lebih bersifat kontekstual dan membutukan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Nopriana, T. (2015). FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Nugroho, I. D. W. S. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–10.

Ratumanan, T. G & Laurens, T. (2015). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Pensil Komunika.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Yuwono, A. (2010). Profil Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, 1–168

Published
2021-11-10
How to Cite
Latumeten, N., Ayal, C., & Molle, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1O AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 56-63. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p56-63