PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Tipe penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan Post only grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Ambon yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 216 orang. Dari populasi tersebut di pilih dua kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kedua kelas yang terpilih yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 sebagai kelas control. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dan model pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Hasil pengujiaan hipotesis dengan menggunakaan uji-t pada SPSS 20,0 menunjukan bahwa sig (2-tailed) kurang dari (0,001<0.05) yang mengakibatkan H1 di terima
Downloads
Copyright (c) 2021 Elsinta K Wolontery, Anderson L Palinussa, Carolina Selfisina Ayal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.