PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen 46 Mapanget Barat. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dapat mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data post-test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung = 2,585 > ttabel = 1,672. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa skor rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran blended learning konvensional. Dengan adanya pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo ini melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa mampu mengembangkan keterampilan matematika baik dari segi kognitif dan afektif
Downloads
References
Adijaya. Nursyansyah dan Lestanto Pudji Santosa, 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online, Wanastra, Vol. 10, No. 2 (diakses dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article /3931/2647)
Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book. San Fransisco: Pfeiffer
Cook, T. D., Campbell, D. T., & Day, A. (1979). Quasi-experimentation: Design & analysis issues for field settings (Vol. 351). Boston: Houghton Mifflin.
Dwiharja, L. Mahendrati. 2015. Memanfaatkan Edmodo sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional
Grgurovic, M. 2012. Blended Learning in an ESL Class: A Case Study. Calico Journal. Vol 29 No. 1 (diakses dari https://journals.equinoxpub.com/index. php/CALICO/article/view/22969 )
Matukhin D., Zhitkova E., 2015. Implementing Blended Learning Technology in Higher Professional Education. XV International Conference “Linguistic and Cuktural Studies: Traditions and Innovations”, LKTI, Tomsk, Elsevier, Rusia. (diakses dari https://www.researchgate.net/publication/283984020_Implementing_Blended_Learning_Technology_in_Higher_Professional_Education)
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Nu’man A. Z. 2014. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol.7 No.1 (diakses dari http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597/559)
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suherni. (2015). Penerapan metode Kooperatif STAD Kolaborasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran System Computer Di SMK Tarunata Getasan Kabupaten Semarang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga
Taradisa, N., Jarmita N., Emalfida. 2020. Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol 12 No 2. (diakses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3582)
Wijaya, Indra & Rahmatul Husna Arsyah. (2016). Pengaruh Pembelajaran ELearning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMKN 9 Padang (Studi Kasus Jurusan Akomodasi Perhotelan). Majalah Ilmiah UPI YPTK. Volume 22, No. 1.
Copyright (c) 2021 Westy Tatulus, Victor R Sulangi, Santje M Salajang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.