PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

  • Westy Tatulus Univeristas Negeri Manado
  • Victor R Sulangi Univeristas Negeri Manado
  • Santje M Salajang Univeristas Negeri Manado
Keywords: blended learning, edmodo, hasil belajar, teorema phytagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Kristen 46 Mapanget Barat. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dapat mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data post-test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung = 2,585 > ttabel = 1,672. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa skor rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran blended learning konvensional. Dengan adanya pembelajaran blended learning menggunakan media pembelajaran Edmodo ini melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa mampu mengembangkan keterampilan matematika baik dari segi kognitif dan afektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya. Nursyansyah dan Lestanto Pudji Santosa, 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online, Wanastra, Vol. 10, No. 2 (diakses dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/article /3931/2647)

Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book. San Fransisco: Pfeiffer

Cook, T. D., Campbell, D. T., & Day, A. (1979). Quasi-experimentation: Design & analysis issues for field settings (Vol. 351). Boston: Houghton Mifflin.

Dwiharja, L. Mahendrati. 2015. Memanfaatkan Edmodo sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional

Grgurovic, M. 2012. Blended Learning in an ESL Class: A Case Study. Calico Journal. Vol 29 No. 1 (diakses dari https://journals.equinoxpub.com/index. php/CALICO/article/view/22969 )

Matukhin D., Zhitkova E., 2015. Implementing Blended Learning Technology in Higher Professional Education. XV International Conference “Linguistic and Cuktural Studies: Traditions and Innovations”, LKTI, Tomsk, Elsevier, Rusia. (diakses dari https://www.researchgate.net/publication/283984020_Implementing_Blended_Learning_Technology_in_Higher_Professional_Education)

Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Nu’man A. Z. 2014. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol.7 No.1 (diakses dari http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597/559)

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suherni. (2015). Penerapan metode Kooperatif STAD Kolaborasi Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran System Computer Di SMK Tarunata Getasan Kabupaten Semarang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga

Taradisa, N., Jarmita N., Emalfida. 2020. Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol 12 No 2. (diakses dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/3582)

Wijaya, Indra & Rahmatul Husna Arsyah. (2016). Pengaruh Pembelajaran ELearning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMKN 9 Padang (Studi Kasus Jurusan Akomodasi Perhotelan). Majalah Ilmiah UPI YPTK. Volume 22, No. 1.

Published
2021-11-12
How to Cite
Tatulus, W., Sulangi, V., & Salajang, S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 70-75. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p70-75