PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SETTING KOOPERATIF TIPE STAD

  • Ullil Azmi Dunggio Universitas Negeri Manado
  • Philotheus E A Tuerah Universitas Negeri Manado
  • I Wayan Damai Universitas Negeri Manado
Keywords: Aritmatika Sosial, PMR, STAD, Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi aritmatika sosial dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik setting kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian design research dengan produk yang dihasilkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik dan Tes Hasil Belajar dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik setting kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions materi aritmatika sosial. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model Plomp hingga tahap Fase validasi & ADV, Uji Coba & ADU, dan Revisi (yang telah dimodifikasi) uji lapangan, sehingga diperoleh prototipe final yang siap untuk diimplementasikan dan diujicoba lanjutan pada lingkup yang lebih luas. Penilaian perangkat pembelajaran oleh validator sebesar 4.56 dengan kriteria sangat valid untuk RPP, sebesar 4.71 dengan kriteria sangat valid untuk Lembar Kerja Peserta Didik, dan sebesar 4.60 dengan kriteria sangat valid untuk validasi isi Tes Hasil Belajar. Uji kepraktisan perangkat pembelajaran melalui angket respons guru dan angket respons peserta didik menunjukkan skor sebesar 4.56 dan 4.74 sehingga masuk dalam kriteria praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari Tes Hasil Belajar peserta didik yang menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 85% dengan nilai rata-rata 86.25 sehingga perangkat dapat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ari, Abdur R., dkk. 2017. Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hiebert, J. & Carpenter P. T. (1992). Learning and Teaching with Understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.) Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. (h.65–100). New York: Macmillan Publishing Company.

Isrok’atun dan Rosmala, Amelia. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nieveen. N. 1997. Design Approaachess and Tools in Education and Training. Boston: Kluwer Academic Publisher.

Orton. 1992. Learning Mathematics (Second Edition). London: Cassel.

Salajang, Santje M. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Konstruktivistik Dengan Advance Organizer (Model Konstad). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-11-10
How to Cite
Dunggio, U., Tuerah, P., & Damai, I. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK SETTING KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(3), 64-69. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i3.p64-69