PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open Ended pada materi Segiempat dan segitiga yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya perangkat pembelajaran disusun sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Metode dalam penelitian ini tergolong penelitian pengembangan dengan subjeknya diambil dari siswa kelas VIIB SMP Advent 1 Tikala sebanyak 31 siswa. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang di kategorikan baik dalam interval 3 ≤ P < 4, angket respon siswa sebesar 73% respon positif. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari Tes Hasil Belajar siswa yang nilai ketuntasan belajar siswa di atas 70. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa RPP, LKPD dan THB yang dikembangkan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Open Ended pada materi Segiempat dan Segitiga siswa kelas VIIB telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian ini dpat disimpulkan: (1) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan open ended pada materi Segiempat dan segitiga dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi yaitu: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan yang menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid untuk materi Segempat dan segitiga yang mengacu pada model problem based learning dengan pendekatan open ended. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran, Lembar Kerja Pesrta Didik, dan Tes Hasil Belajar, (2) Perangkat pembelajaran praktis untuk mengajarakan materi Segiempat dan segitiga menggunakan model problem based learning dengan pendekatan open ended, (3) Pembelajaran matematika menggunakan model problem based learning dengan pendekatan open ended pada materi Segempat dan segitiga di kelas VIIB SMP dapat dikatakan efektif, (4) Ketuntasan belajar secara klasikal pada THB sebesar 83,87% siswa tuntas secara individual.
Downloads
References
Diana Rosanti. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Siswa, (Kalimantan: Universitas Tanjungpura, 2013) h.3
Firmansyah, Dani. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/ view/199
Marasut A, Vivi Regar. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Segiempat (JSME MIPA UNIMA Vol 3, No 10 (2015): Matematika: Marasut A, Vivi Regar
Sintong Djampang, Muhammad Ilyas.2019. Efektivitas model problem based learning dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan hasil belajar matamtika siswa kelas VII-B smpn 3 Bajo.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute Special Education, University of Minnesota
Copyright (c) 2021 Hanietje Detly Timbuleng, Santje Salajang, Nicky Tumalun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.