PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Leksula yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (Eksperimental Research) dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Leksula. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik di kelas VII/2 dan VII/3. Kelas VII/2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII/3 sebagai kelas eksperimen 2. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t dan hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Student facilitator and Explaining. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh yakni, nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai α=0,05 yakni 0,000. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan bagi para pendidik untuk mendampingi dan memfasilitasi pelajar dengan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan dapat hasil belajar. Pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning dengan menimbulkan rasa ingin tahu serta mengarahkan peserta didik untuk berusaha memahami konsep melalui proses penemuan informasi yang dilakukan oleh peserta didik sendiri
Downloads
References
Aqib. (2013). Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (Invotiv). Bandung: Yrama Widya
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI)
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. 2018. Analisis Kesalahan Peserta didik Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 0(0), 576–580.
Kristin & Rahayu, (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, I., Kristianti, M.G.R. & Negara, I.G.A.O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD
Palinussa A.L., Tamalene H. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Spldv pada Siswa SMP di Kota Ambon. Jurnal Aksioma, 10(2), 951–963.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Ratumanan, G. T. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Ratumanan, G. T., & Laurens, T. (2015). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan .Yogyakarta: Pensil Komunika.
Ruhulessin. S, dkk (2019). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Sma Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek)
Rupiassa, S. N., Palinussa, A. L., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually , Repetition) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Iis Sma Xaverius Ambon. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura. 1, 25–32.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Menggembangakan Profesionalisme Guru. Jakarta; PT Raja Grafindo Perkasa.
Siagian , M.d. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. (Journal Of Matematics Education And Science)
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2011). Metodologo Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Taihuttu. S. M, dkk. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Dan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek).
Copyright (c) 2022 Reynaldo Decaprio Thelessy, Anderson Leonardo Palinussa, Magy Gaspersz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.