PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

  • Reynaldo Decaprio Thelessy Universitas Pattimura
  • Anderson Leonardo Palinussa
  • Magy Gaspersz
Keywords: hasil belajar, discovery learning, student facilitator and explaining

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Leksula yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (Eksperimental Research) dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Leksula. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik di kelas VII/2 dan VII/3. Kelas VII/2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII/3 sebagai kelas eksperimen 2. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t dan hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Student facilitator and Explaining. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh yakni, nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai  α=0,05 yakni 0,000. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan bagi para pendidik untuk mendampingi dan memfasilitasi pelajar dengan metode pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan dapat hasil belajar. Pendidik dapat menerapkan metode pembelajaran Discovery Learning dengan menimbulkan rasa ingin tahu serta mengarahkan peserta didik untuk berusaha memahami konsep melalui proses penemuan informasi yang dilakukan oleh peserta didik sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib. (2013). Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (Invotiv). Bandung: Yrama Widya

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI)

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. 2018. Analisis Kesalahan Peserta didik Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 0(0), 576–580.

Kristin & Rahayu, (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, I., Kristianti, M.G.R. & Negara, I.G.A.O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD

Palinussa A.L., Tamalene H. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Spldv pada Siswa SMP di Kota Ambon. Jurnal Aksioma, 10(2), 951–963.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Ratumanan, G. T. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, G. T., & Laurens, T. (2015). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan .Yogyakarta: Pensil Komunika.

Ruhulessin. S, dkk (2019). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Sma Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek)

Rupiassa, S. N., Palinussa, A. L., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually , Repetition) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Iis Sma Xaverius Ambon. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura. 1, 25–32.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Menggembangakan Profesionalisme Guru. Jakarta; PT Raja Grafindo Perkasa.

Siagian , M.d. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. (Journal Of Matematics Education And Science)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologo Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Taihuttu. S. M, dkk. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Dan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek).

Published
2022-04-11
How to Cite
Thelessy, R., Palinussa, A., & Gaspersz, M. (2022). PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 9-14. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p9-14