PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi segiempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas VII SMP Negeri 1 TNS. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini terlihat dari hasil tes siklus I yang menunjukan bahwa sebanyak 5 siswa dengan presentasi 41,6% memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 (≥ 65). Pada siklus II hasil tes akhir yang diperoleh siswa menunjukan bahwa terdapat 8 siswa dengan presentasi 66,6% memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 (≥ 65). Berdasarkan ketuntasan pada siklus I dan siklus II, maka peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 25%.
Downloads
References
Arikunto. S. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). Bandung Sega Asry.
Joseph, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Dengan Menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Galala. Ambon: FKIP Unpatti.
Mahfudz, A. 2012. Cara Cerdas Mendidik dan Menyenangkan. Bandung: Simboasa Rekatama Media
Nasution. 2005 Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Payer, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Kartika XIII-1 Ambon Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Setting Kooperatif. Universitas Pattimura
Ratumanan, T. G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.
Titahena, T. J, dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make And Match. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan Vol 13 No 1. Maret 2019. 001-008. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura
Tutuhatunewa, E & Laurens, T 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunikasi.
Copyright (c) 2022 Mega Latumahina, Carolina Selfisina Ayal, Juliana Selvina Molle
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.