PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

  • Mega Latumahina Universitas Pattimura
  • Carolina Selfisina Ayal Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi segiempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas VII SMP Negeri 1 TNS. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini terlihat dari hasil tes siklus I yang menunjukan bahwa sebanyak 5 siswa dengan presentasi 41,6% memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 (≥ 65). Pada siklus II hasil tes akhir yang diperoleh siswa menunjukan bahwa terdapat 8 siswa dengan presentasi 66,6% memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 65 (≥ 65). Berdasarkan ketuntasan pada siklus I dan siklus II, maka peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. S. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Berdiati, Ika. 2010. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan). Bandung Sega Asry.

Joseph, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Dengan Menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Galala. Ambon: FKIP Unpatti.

Mahfudz, A. 2012. Cara Cerdas Mendidik dan Menyenangkan. Bandung: Simboasa Rekatama Media

Nasution. 2005 Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Payer, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Kartika XIII-1 Ambon Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Setting Kooperatif. Universitas Pattimura

Ratumanan, T. G. 2015. Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Titahena, T. J, dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make And Match. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan Vol 13 No 1. Maret 2019. 001-008. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pattimura

Tutuhatunewa, E & Laurens, T 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunikasi.

Published
2022-05-28
How to Cite
Latumahina, M., Ayal, C., & Molle, J. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(2), 38-43. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i2.p38-43