PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

  • Venny Margaretha Mononimbar Universitas Negeri Manado
  • Jhon R Wenas Universitas Negeri Manado
  • I Wayan Damai Universitas Negeri Manado
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, contextual teaching and learning, materi segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan model contextual teaching and learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Manado pada materi geometri yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Thiagarajan 4-D untuk merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, dan Tes Hasil Belajar pada materi Geometri yaitu bidang datar Segitiga. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pengembangan model pembelajaran contekstual teaching and learning menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik karena memenuhi kriteria valid berdasarkan pendapat Validator yang dianggap ahli, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran baik, siswa aktif selama proses pembelajaran. Tes hasil belajar yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contekstual teaching and learning ini sangat efektif dalam pembelajaran Geometri pada materi Segitiga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.

Anonim. 2008. Strategi Pembelajaran. http://pensa-sb.info/wp-content/uploads/2008/11/Strategi-Pembelajaran-2.pdf. Diakses pada tanggal 23 April 2021.

Budiningsih. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Esmonde, Indigo. 2009. Ideas and Identities: Supporting Equity in Cooperative Mathematics Learning. Review of Educational Research.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Smith, B.P. 2006. Contextual teaching and learning practices. Journal of Family Consumer Sciences Education. 24(1):14-27.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University Of Minnesota.

Widodo, AT. 2011. Pembelajaran Inovatif Bidang Sains. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Published
2022-04-05
How to Cite
Mononimbar, V., Wenas, J., & Damai, I. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p1-8