PEMAHAMAN KONSEP ARITMETIKA SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

  • Wa Rasmi Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
Keywords: pemahaman konsep, pembelajaran matematika realistik, aritmetika sosial

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi aritmetika sosial dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik di kelas VII SMP Negeri 8 Leihitu. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, pengambilan data dilakukan dengan tes akhir setiap siklus dan lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik pada materi sistem aritmetika sosial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 8 Leihitu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Lisna. 2016. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika SiswaSMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Marematika Realistik (PMR)”. Jurnal Eksakta. Vol. 1: hal 1-12.

Ali, M. 2014.Guru Dalam Proses BelajarMengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Ariyanto, L, dkk. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran PBL, Jigsaw dan STAD Terhadap Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. JMEE, 6(2), 106-119.

Evijayanti, W., & Khotimah, R. P. (2018). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 295-302.

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52.

Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan dan Kebudayaan 2014. Jakarta

Kesuma (2010). Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang.

Lestari, Karunia, dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Berbasis Teori Apos pada Materi Turunan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.

Ratumanan T G & Christi M.2017.Belajar dan Pembelajaran Matematika.Bandung: Alfabeta

Ratumanan T G.2015.Belajar dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Edisi ke-3.Yogyakarta: Pensil Komunika.

Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91-105.

Soedjadi, R. (2016). Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10.

Susanto, Ahmad. 2013 Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Zakiah, N. E., dkk. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.

Published
2022-04-15
How to Cite
Rasmi, W., Moma, L., & Molle, J. (2022). PEMAHAMAN KONSEP ARITMETIKA SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 15-20. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p15-20