ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGI EMPAT DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan gagasan atau ide matematika, baik secara lisan maupun tulisan dalam menyajikan suatu persoalan atau masalah ke dalam model matematika berupa persamaan, grafik, diagram, ide, gagasan, tabel, dan pernyataan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Kristen YPKPM Ambon yang ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Kristen YPKPM Ambon dengan jumlah subjek penelitan 20 orang dari kelas VIII-4 dan subjek yang dipilih untuk diwawancarai sebanyak 6 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, penetapan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan siswa yang dapat berkomunikasi dengan baik dan pertimbangan guru mata pelajaran. Soal segiempat diberikan untuk melihat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan 3 indikator yaitu indikator kemampuan menulis (Written text), indikator kemampuan menggambar (Drawing), dan indikator kemampuan ekspresi matematika (Mathematical Expression). Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa terdapat 1 siswa perempuan yang memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis, 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki yang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator kemampuan menulis (Written text) dan indikator eksperi matematika (Mathematical Expression), 1 siswa laki-laki yang memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator kemampuan menulis (Written text), serta 2 siswa terdiri dari 1 perempuan dan 1 siswa laki-laki tidak memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis
Downloads
References
Alin Putri Dianti, Aam Amaliyah, and Candra Puspita Rini. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang.” Berajah Journal 2 (1): 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44.
Ferrini-Mundy, Joan. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics: A Guide for Mathematicians.” Notices of the American Mathematical Society 47 (8): 868–76.
Hendriana, Heris, and Gida Kadarisma. 2019. “Self-Efficacy Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3 (1): 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033.
Lestari and Yudhanegara. 2015, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Ratika Aditama
Nurmala, Inur, Wahyu Hidayat, and Heris Hendriana. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1 (1): 21. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p21-28.
Purwandari, Andriana Siwi, Meilani Dwi Astuti, and Anik Yuliani. 2018. “Evaluasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” IndoMath: Indonesia Mathematics Education 1 (1): 55. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2219.
Rosyana, Tina, and Indah Puspita Sari. 2015. “Penerapan Aktivitas Quick on the Draw Melalui Pendekatan Thinking Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa Ma.” P2M STKIP Siliwangi 2 (2): 192. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p192-202.178.
Copyright (c) 2022 Marselia Hellena Tarantein, Carolina Selfisina Ayal, La Moma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.