ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN

  • Indriyani Belnard Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Christina M Laamena Universitas Pattimura
Keywords: analisis kesalahan, objek, turunan fungsi aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar dan factor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika XIII-1 Ambon.Teknik analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yang diwawancarai dalam penelitian. Data hasil wawancara digunakan sebagai perbandingan data hasiltes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) jenis kesalahan siswa yang dilakukan dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar: a) kesalahan memahami (comprehension error), b) kesalahan transformasi (transformation error), c) kesalahan kemampuan proses (process skill error), d) kesalahan penulisan jawaban akhir (enconding error). 2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar yaitu faktorĀ  Internal, dimana kesalahan yang dilakukan berasal dari siswa sendiri, karena kurangnya kemampuan dasar siswa dalamĀ  proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa tertinggal pada materi yang diajarkan guru sehingga siswa merasa soal yang diberikan sanga sulit

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman. O., Rusli. R. K. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2. No. 1. Hal.1-28

Anuhrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2011).

Hafid, A. dkk. 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamzah, Ali. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Perss.

Nurdin, S & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Jha, S. K, Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applicationsin Engineering Sciences. diakses dari http://connection.ebscohost.com

Junaedi, Iwan, dkk.(2015). Disclosure Cause of Students Error In Resolving Discreate Mathematic Problem Based NEA as a means of Enhacing Creatifity. International Journal of Education, 7(4): 31-42.

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), h. 15-17.

M. Joko Susilo, Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar, (Yogyakarta: Pinus, 2006) h. 69.

Nurlaily, (2012), Study kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Operasi Bilangan Cacah Siswa Kelas V SD, Malang: Skripsi UNNES, h. 18.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Published
2022-08-21
How to Cite
Belnard, I., Moma, L., & Laamena, C. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DENGAN PROSEDUR NEWMAN. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(2), 58-65. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i2.p58-65