PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXCTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI STATISTIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Statistika. Pendekatan contextual teaching and learning dengan tujuh komponen utama (contructivisme, inquiry, questioning, learing community, modeling, dan authentic assesment) adalah pembelajaran yang mambantu peserta didik mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan lembaran observasi dan tes akhir pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatitif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I terdapat 9 orang yang mencapai nilai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu yang ditetapkan di MTs Nadil Ulum Ory atau dengan persentase Sedangkan pada siklus II terdapat 17 orang dengan persentase atau yang mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Nadil Ulum Ory pada materi statistika
Downloads
References
Hasibuan, Idrus. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma. Vol. II, No.01 Januari 2014, 1-12.
Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, April 2006, 53-62.
Hidayat. N. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMA Handayani Sungguminahasa Kabupaten Gowa. Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamaddiyah Makasar. Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay (Ibnu Setiawan. Terjemahan). Bandung: MLC. Diunduh pada tanggal 24 Februari 2020
Karim, A. (2017.) Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur Karawang. Jurnal Formatif 7(2), 2017, 144-152.
Lubis, E. A., & Sembiring, E. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Pemberian Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Peserta didik Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018, 9-16.
Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Purwanti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Sumatra Barat. Jurnal STKIP SUMBAR. Media.neliti.com Diunduh pada tanggal 16 Oktober 2020
Ratumanan, T. G., & C. S. Ayal. (2018). Problem Solving Based Learning Model Alternative Model of Developing High Order Thinking. International Journal of Health Medicine and Current Research (IJHMCR) Vol. 3, Issue 02, June, 2018, pp.857-865.
Ratumanan, T. G., & Christi Mattitaputty. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Ratumanan, T. G., & Theresia Laurens. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 1, No 2 Desember 2016, hal. 146-154.
Sukinah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016, 190-204.
Suprianto, S. I. K., & Herman J. A. (2016). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Fisika. JPPI, Vol. 2, No. 2, Desember 2016, Hal. 166-175
Surata, I. K., I Gusti A. A. N. D. M. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Peserta didik (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi. Bioedusiana 4 (2) (2019), 114-121.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajaar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta Tutuhatunewa, E. & Laurens, T. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pensil Komunika
Winarti. (2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik. JPFK, Vol. 1 No. 1, Maret 2015: 1-8.
Copyright (c) 2022 Rasyid Latuconsina, Carolina Selfisina Ayal, Hanisa Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.