PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN KONVENSIONAL PADA MATERI BARISAN DAN DERET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah yang berjumlah 74 orang dari 3 kelas dan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Untuk masing-masing kelas berjumlah 25 dan 26 peserta didik, sehingga jumlah sampel keseluruh dalam penelian ini adalah 51 orang peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang terdiri dari 4 soal uraian. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu uji-t yang diperoleh hasil bahwa nilai Sig.(2-tailed) = 0,009 < nilai  sehingga H1 diterima dan H0 ditolak maka ada perbandingan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 13 Maluku Tengah.
Downloads
Copyright (c) 2022 Nur Aini, Juliana Selvina Molle, Anderson Leonardo Palinussa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.