PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA

  • Lydia Maulota Universitas Pattimura
  • Anderson Leonardo Palinussa Universitas Pattimura
  • Hanisa Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: kemampuan komunikasi matematis, konvensional, project based learning, statistika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiyat, M., & Sarjaya, S. (2015). Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.141

Aqilah, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Melalui Model Project-Based Learning. Universitas Pendidikan Indonesia.

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Farokhah, L., Herman, L., & Jupri, T. (2019). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Project Based Learning dan Model Project Based Learning dengan Teknik Mind Map. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1

Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented module: project-based learning. SEAMEO QITEP in Language.

Hendriana, K., & dkk. (2017). Hardskill dan Softskill Matematik Siswa. PT. Refika Aditama.

Ismayani, A., & Nuryanti. (2016). Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 713 Universitas Muhammadiyah Surakarta. 12.

Murniarti, E. (2016). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Rahmawati, R., Masi, L., Kadir, K., & Jafar, J. (2019). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dan Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Konvensional Di Kelas VIII SMPN 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5870

Ramellan, P., Musdi, E., Armiati, D., Pengajar, S., & Matematika, J. (2012). Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2 : Hal (Vol. 1, Issue 1).

Ratumanan, T. G., & Theresia Laurens. (2015). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat satuan Pendidikan. Pensil Komunika.

Sanjaya, Wina. H. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Rnd (1st ed.). Alfabeta.

Sulistiyowati, R. (2021). Pengaruh Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Tinjau Dari Hasil Belajar Matematika [Other Thesis]. STKIP PGRI Pacitan.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Yanuar, F., & S., Y. F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Rme Materi Penyajian Data Yang Berorientasi Pada Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pedagogik Matematika, 7(1), 87–99.

Published
2024-07-16
How to Cite
Maulota, L., Palinussa, A., & Tamalene, H. (2024). PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 107-115. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p107-115