ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON

  • Max James Tharob Universitas Pattimura
  • Anderson Leonardo Palinussa
  • Hanisa Tamalene
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, pola bilangan.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Katolik Ambon pada materi pola bilangan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang masing-masing mewakili kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat memenuhi setiap indikator kemampuan pemecahan masalah. Siswa berkemampuan sedang dapat memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah yang pertama, ketiga dan keempat. Sedangkan subjek penelitian dengan kemampuan rendah hanya dapat memenuhi indikator pertama dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah.

 

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, pola bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SDN Mangunwijan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45-56.

Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1171-1183.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

As’ari A.R, Tohir M., Valentino E., Imron Z., &Taufiq I., (2017). Buku Paket Matematika Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm. 1

Astutiani, R. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah Polya. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 297-303).

Gea, K. M., Rangkuti, Y. M., & Minarni, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Gajah Mada Medan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2270-2285.

Jaswandi, L., & Kartiani, B. S. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 7(2), 81-86.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Maryanih, M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis kesulitan siswa smp dalam memahami konsep kubus balok. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 751-758.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Mutia, M. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83-102.

Pamungkas, D. Y., & Siswanto, R. D. (2021). Identifikasi pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan tipe kepribadian hippocrates-galenus dan gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2324-2343.

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019). Studi perbandingan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91-97.

Sartika, N. S., Sujana, A., & Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 203-209.

Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED.

Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).

Published
2024-05-21
How to Cite
Tharob, M., Palinussa, A., & Tamalene, H. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(1), 10-18. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i1.p10-18