ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 63 MALUKU TENGAH

  • Chayla Anjani Universitas Pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan
  • Carolina Selfisina Ayal
Keywords: Kemampuan Siswa, analisis, HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi program linier di kelas XI SMA Negeri 63 Maluku Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Sumber data yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa. Awalnya direncanakan 5 subjek dengan 1 siswa kemampuan sangat tinggi, 1 siswa kemampuan tinggi, 1 siswa kemampuan sedang, 1 siswa kemampuan rendah dan 1 siswa kemampuan sangat rendah, tetapi pada hasil tes tidak terdapat siswa yang memiliki kemampuan sangat tinggi dan tinggi sehingga diambil 3 subjek penelitian dengan kemampuan sedang, rendah dan sangat rendah. 3 subjek terpilih kemudian diwawancarai untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) yang dianalisis dengan tahapan pemecahan masalah langkah polya. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata dari keseluruhan soal tes diperoleh 5.55% untuk kemampuan menganalisis dan 30.5% untuk kemampuan mengevaluasi. Sehingga kemampuan siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) tergolong sangat rendah.

Kata Kunci:  High Order Thinking Skills, Langkah Polya, Program Linear

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Febrina, Y., Zaki, M., & Amalia, R. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Pada Materi Statistika. Jurnal Dimensi Matematika, 2, 138–146. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/JDM/article/view/1896

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di Sma Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853

Purwa Kusuma, A., & Faith ’adna, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Analysis of Student Difficulties in Completing Higher Order Thinking Skill (Hots) Problem of Two Variables Linear Equation System. Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 150–160. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/37926

Puspa, R. D., As’ari, A. R., & Sukriyanto. (2019). Order Thinking Skills ( Hots ) Ditinjau Dari Tahapan Pemecahan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika (JKPM), 3(2), 86–94. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm%0AANALISIS

Ramli, R. W., Arsyad, N., & Ma’rup, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (Hots) Pokok Bahasan Pola Bilangan Pada Kelas Viii a Smp Negeri 1 Sungguminasa. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1), 84–92. https://doi.org/10.30605/27458326-75

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2015). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 3. Bandung: Unesa University Press.

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sepriyanti, N., Nelwati, S., Kustati, M., & Afriadi, J. (2022). the Effect of 21St-Century Learning on Higher-Order Thinking Skills (Hots) and Numerical Literacy of Science Students in Indonesia Based on Gender. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 314–321. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i2.36384

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Vilianti, Y. C., Pratama, F. Y., & Mampouw, H. L. (2018). Description of The Ability of Social Arithedical Stories by StudyProblems by Students VIII SMP Reviewed from The Polya Stage. International Journal of Active Learning, 23(1), 23–32. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Wally, N., Molle, J. S., & Laamena, C. M. (2020). Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Model Pembelajaran Konvensional Differences of Student Learning Outcomes Between the Cooperative Learning Model ( Think Pair Share Type ) and Conventional Learning Model. 3, 39–44.

Published
2024-07-15
How to Cite
Anjani, C., Ratumanan, T., & Ayal, C. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 63 MALUKU TENGAH. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 95-106. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p95-106