PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model project-based learning (PjBL) melalui lesson study. Penelitian ini dilaksankan dengan tiga tahapan di setiap siklus yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (see). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa meningkat yang ditunjukkan dengan persentasi peningkatan dari 24% menjadi 62% pada kategori sangat tinggi dan 21% menjadi 29% pada kategori minat belajar tinggi. Begitu pula dengan hasil belajar matematika siswa meningkat dari kemampuan awal 18%, menjadi 38% pada siklus I dan 79% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 70,88. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model project-based learning (PjBL) melalui lesson study dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas X.6 SMAN 1 Labuhan Haji.
Downloads
References
Abidzar, Haris. 2017. Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: DIVA Press.
Afriana, J. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) Makalah. 4–17.
April, B. (2023). Kata Kunci: Metode Project Bassed Learning , keterampilan menulis, teks drama. 7, 1–7.
Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Keefektifan Model Project-based Learning Dan Problem-based Learning Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1–10. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469
Banawi, A. (2019). Jurnal Biology Science & Education 2019 ASMIN BANAWI. 8(1), 90–100.
Belajar, H., Triyanto, S. A., & Prabowo, C. A. D. I. (2020). Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study Terhadap Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Effectiveness of Blended-Problem Based Learning with Lesson Study toward Learning Outcomes. September.
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651
Doppelt, Y. (2003). Implementation and assessment of project-based learning in a flexible environment. International Journal of Technology and Design Education, 13(3), 255–272. https://doi.org/10.1023/A:1026125427344
Ergül, N. R., & Keskin, E. (2014). The Effect Of Project Based Learning On Students ’ Science Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136, 537–541. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.371
Erwin, P., Tuerah, A., Matematika, J., Matematika, F., & Alam, P. (n.d.). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.
Hart, L. C., Alston, A. S., & Murata, A. (2011). Lesson study research and practice in mathematics education: Learning together. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education: Learning Together, January 2011, 1–294. https://doi.org/10.1007/978-90-481-9941-9
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Lontoh, F., & Sihombing, M. (2021). PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Masrucha, N., Sinta Diarini, I. G. A. A., & I Wayan Suryanto. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Vlog Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 635–643. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1439
Mayasari, T., Kadarohman, A., & Rusdiana, D. (2015). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN.
Myers, J., & West, O. (2012). The Effects of Lesson Study on Classroom Observations and Perceptions of Lesson Effectiveness. 12(3), 94–104.
Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop Dan Pelatihan Pembelajaran Lesson Studi Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i1.653
Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 246–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/129/123
Roche, A., Gervasoni, A., & Kalogeropoulos, P. (2021). Factors that promote interest and engagement in learning mathematics for low-achieving primary students across three learning settings. In Mathematics Education Research Journal (Vol. 2017, Issue October). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00402-w
Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844
Saparwadi, L. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral Melalui Kegiatan Lesson Sudy Di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–48.
Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263.
Siahaan, E., & Surya, E. (2020). Analisis Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pelajaran Matematika. Researchgate Jurnal, 1(2), 1–8.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127–145.
Takahashi, A., & Mcdougal, T. (2016). Collaborative lesson research : maximizing the impact of lesson study. ZDM, 48(4), 513–526. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0752-x
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2.
Wiharto, M., Kesehatan, F. I., & Unggul, U. E. (2018). Kegiatan lesson study dalam pembelajaran. 15(9).
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Copyright (c) 2024 Nurul Wahidatul Fitri, Shahibul Ahyan, Saiful Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti agree to the following terms:
Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International . This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti are required to cite the original source, including the author's names, Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.