THE EFFECT OF USING PROJECT-BASED LEARNING MODELS ON STUDENTS' MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY

  • Marselina E Lepertery Universitas Pattimura
  • Tanwey G Ratumanan Universitas Pattimura
  • Henry J Wattimanela Universitas Pattimura
Keywords: mathematical representation ability, Project Based Learning, statistics

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlan, A. J. dan Junaidi, D. 2011. Analisis Representasi Matematis Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA. 16(1), 128-138.

Duri, B.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hamidah, H. dkk. (2020). Project Based Learning. Jakarta: SEAMEO QITEP In Leanguage.

Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., dan Yang, Y.-L, 2007, Kemampuan Representasi Berganda dan Efek Kreativitas pada Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Sistem Papan Tulis Multimedia, Educational Technology & Society, 10 (2), 191- 212.

Hidayat. N. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminahasa Kabupaten Gowa Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makasar. Diunduh Pada Tanggal 16 November 2021.

Joseph, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Dengan Menggunakan PendekatanRME (Realistic Mathematic Education) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Galala.Ambon: FKIP Unpatti.

Kamilah, S.R, Puji, B., & Iwan G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Volume 4 (2): 71

Kemendikbud. (2013). Kerangka dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumaningsih, W. dan Martha, R. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(2): 202-209.

Ratumanan, T. G. (2015). Belajar & Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2, November 2014. 30-46

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia. Volume 1 (1): 5

Yuanatika. (2012). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran REACT. EduHumaniora. 4(2): 1.

Yuniarti, Y. 2013. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Edu Humaniora. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI Cibiru.5 (1)

Published
2024-05-30
How to Cite
Lepertery, M. E., Ratumanan, T. G., & Wattimanela, H. J. (2024). THE EFFECT OF USING PROJECT-BASED LEARNING MODELS ON STUDENTS’ MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 6(1), 18-23. https://doi.org/10.30598/jumadikavol6iss1year2024page18-23