PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA BERORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh keaktifan mahasiswa berorganisasi dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Musamus. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif-kualitatif (Mixed Methods) dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika yang berjumlah 128 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh 97 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara, kemudian data dari hasil angket dianalisis menggunakan analisis regresi dan diperkuat kembali dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara keaktifan mahasiswa berorganisasi dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Musamus, baik dari masing-masing variabel maupun secara simultan (bersamaan). Tingkat pengaruh variabel keaktifan mahasiswa berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 7,5%, tingkat pengaruh variabel motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar sebesar 6,5%, sedangkan secara simultan tingkat pengaruh kedua variabel terhadap prestasi diketahui sebesar 14,7%.
Downloads
References
Aisyah, D. N. (2017). Awe Inspiring Me. Ikon.
Aprileoni, W. P., Rulina, D., & Seftiawan, R. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bojongpicung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 297–307. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4549
Arif, M. S. (2014). Organisasi dan Manajemen. In Modul Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.
Cahyani, A. (2003). Dasar - Dasar Organisasi dan Manajemen. PT. Grasindo.
Creswell, J. W. (2009). Research design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.
Fatchurrohman, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6292
Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.
Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 54–64. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6074
Ridho, M. (2020). Teori Motivasi Mc Clelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor D Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770
Syifah, M. I. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Intra Kampus Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Kampus dan Prestasi Akademik. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37199%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37199/1/MIFTAH ISMIE SYIFAH-FITK.
Copyright (c) 2024 Sri Nuryati, Dessy Rizki Suryani, Oswaldus Dadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.