PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA BERORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

  • Sri Nuryati Universitas Musamus
  • Dessy Rizki Suryani
  • Oswaldus Dadi Universitas Musamus
Keywords: keaktifan mahasiswa berorganisasi, motivasi berprestasi, prestasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh keaktifan mahasiswa berorganisasi dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Musamus. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif-kualitatif (Mixed Methods) dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika yang berjumlah 128 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan diperoleh 97 mahasiswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara, kemudian data dari hasil angket dianalisis menggunakan analisis   regresi dan diperkuat kembali dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara keaktifan mahasiswa berorganisasi dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Musamus, baik dari masing-masing variabel maupun secara simultan (bersamaan). Tingkat pengaruh variabel keaktifan mahasiswa berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah 7,5%, tingkat pengaruh variabel motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar sebesar 6,5%, sedangkan secara simultan tingkat pengaruh kedua variabel terhadap prestasi diketahui sebesar 14,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, D. N. (2017). Awe Inspiring Me. Ikon.

Aprileoni, W. P., Rulina, D., & Seftiawan, R. (2020). Pengaruh Kedisiplinan, Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bojongpicung. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 297–307. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.4549

Arif, M. S. (2014). Organisasi dan Manajemen. In Modul Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.

Cahyani, A. (2003). Dasar - Dasar Organisasi dan Manajemen. PT. Grasindo.

Creswell, J. W. (2009). Research design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.

Fatchurrohman, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6292

Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33910

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.

Pratiwi, S. S. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 54–64. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/6074

Ridho, M. (2020). Teori Motivasi Mc Clelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor D Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Syifah, M. I. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Intra Kampus Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Kampus dan Prestasi Akademik. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37199%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37199/1/MIFTAH ISMIE SYIFAH-FITK.

Published
2024-05-30
How to Cite
Nuryati, S., Suryani, D., & Dadi, O. (2024). PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA BERORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 6(1), 7-17. https://doi.org/10.30598/jumadikavol6iss1year2024page7-17
Section
Articles