PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP IT ASSALAM AMBON

  • Ardon Jamdin Universitas Pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura
  • Christina Martha Laamena Universitas Pattimura
Keywords: Mathematics learning device, STAD type Cooperative

Abstract

This research aims to know the developing process of STAD type cooperative based on learning structure of mathematical subject; proportion meteri in the grade VII on SMPIT Assalam Ambon to achieve the valid, practical and effective learning instructional design. Learning instructional design which has been develop to student in the grade VII on SMPIT Assalam Ambon is learning Instructional devices planning, student task sheet, and student handbook. This research is a development research which used thiagrajan, semmel and semmel 4D model. The validation process of learning instructional design include competent validators on mathematics learning instructional design. Practical data analysis are achieve from observation result data of learning device and  effectiveness data analysis of learning devices achieved from four sources which is 1) teacher ability of maintain the STAD type cooperative based learning. 2) students activities. 3) students responses. 4) learning results. The result of this research shows that learning devices of STAD type cooperative based  learning which has been developed is valid, practical and effective

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesoji, F.A. & Ibraheem, L. T. 2009. Effects of Student Teams- Achievement Devisions Strategy and Mathematics Knowlegde on Learning Outcomes in Chemical Kinetics. Uluslararasi Sosyal Ara_Tirmalar Dergisi The Journal Of international Social Research Volume 2/6 Winter 2009 (Online)

Anders, R.I. 2008. Learning To Teach (Terjemahan). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ahmadi , I.K, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu “Pengaruhnya Terhadap Konsep, Mekanisme, dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeriâ€. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Chin. W. L. Farn. S.C., Tsai. H. C. 2011. Perspectives of University Students on Cooperative Learning by Moodle. International of Digital Content Technology and its Applications. Volume 5, Number 6, June 2011 (Online)

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan

Elyawati. 2 008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Materi Program linier di kelas XII. Tesis tidak diterbitkan. Makasar: Pps UNM

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Cooperatif. Surabaya. Unesa University Press

Irmansyah, Ahmad, dan Zubaidah. 2006 Efek model pembelajaran konstruktivisme melalui pembelajaran matematika di SMP. Jurnal Pendidikan, Volume 7, Nomor 2, September, 89-10

Isjoni. 2009. Cooperative learning. Bandung: Alfabeta

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

Lewier, F., Tutuhatunewa, E., & Mataheru, W. (2018). PROFIL HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VII SMP NEGERI 6 AMBON. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 32-40. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp32-40

Lie Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Mulyasa E, 2003. KBK Konsep Karakterisitk, dan Implementasi, Bandung Remaja ROda Karya.

Musdalifah. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Teorema Pytagoras Untuk Kelas VIII SMP. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Mustari, S. 2010. Efektitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Mengaplikasikan Teori Van Hiele dalam Pengajaran Geomerti. Tesis Tidak diterbitkan. Makasassar: PPs UNM.

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Maloof J. & Vanessa K.B.W. 2005. Team Study Training in The College Biology Laboratory. Journal of Matematikacal Education. Salisbury University, USA (online).

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, UM Press, Malang.

Nurhayati dan Wellang. 2004. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Metamatika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Perangkat pembelajaran. Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Pensil Komunika.

Inovasi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusman, 2014 Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Radja Grafindo Persada.

Riyanto Yatim, 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Sam, A. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif STAD Untuk Kompetensi Dasar Bilangan Pecahan di SMP. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2013 Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur, Jakarta: Kencana

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk membantu Memecahkan problematika belajar dan mengajar

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Syah. Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya

Syaefudin. Udin & Abin Syamsudin Makmum. 2011. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung : Remaja Rosda Karya

Syafrudin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Studendt Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat di Kelas X SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Suparno Paul, 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Kanisius

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivisik. Jakarta: Pertasi Pustaka.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuran â€Analisis di Bidang Pendidikanâ€. Jakarta : Bumi Aksara

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2019-10-31
How to Cite
Jamdin, A., Ratumanan, T., & Laamena, C. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP IT ASSALAM AMBON. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(2), 81-90. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss2year2019page81-90