EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA SD ALHILAAL NAMSINA DAN SD NEGERI 1 WAPLAU, KABUPATEN BURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemecahan masalah matematika pada materi luas dan keliling lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RME dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis deskriptif dilakukan terhadap hasil pretest dan posttest dari kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis, atau hasil pretest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 27, maksimum 65, rata-rata 49.72, dan standar deviasi 9.815. Hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 48, nilai maksimum 95, nilai rata-rata 76.72, dan standar deviasi 13.446. Hasil pretest kelas kontrol memiliki nilai minimum 25, maksimum 65, rata-rata 39.94, dan standar deviasi 10.602. Hasil posttest kelas kontrol memiliki nilai minimum 35, maksimum 86, rata-rata 60.89, dan standar deviasi 15.556. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dari kedua kelas berdistribusi normal. Uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran RME mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan keliling lingkaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Febriyanti, N. D., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Contesxtual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 114-121.
Halawa, A. N., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 57-64.
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nasution, F., Ummi, I., Aulia, J. D., Rizka, L., & Adlya, R. (2023). Peranan Guru Bimbingan Konseling Pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 25-34.
Nidawati, N. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Fitrah: International Islamic Education Journal, 5(1), 105-122.
Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin, H. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 1-9.
Sitepu, E. M. R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi Bagi Pendidikan di Negera Indonesia yang sedang Berkembang. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 100-108.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Zainal, Z., & Sary, I. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Maccayya, 1(1), 12-18.
Copyright (c) 2025 La Alim Buton, Tanwey Gerson Ratumanan, Henry Junus Wattimanela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.