EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA SD ALHILAAL NAMSINA DAN SD NEGERI 1 WAPLAU, KABUPATEN BURU

  • La Alim Buton Universitas Pattimura
  • Tanwey Gerson Ratumanan Universitas Pattimura
  • Henry Junus Wattimanela Universitas Pattimura
Keywords: Keliling dan luas lingkaran, Model Pembelajaran RME, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemecahan masalah matematika pada materi luas dan keliling lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RME dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis deskriptif dilakukan terhadap hasil pretest dan posttest dari kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis, atau hasil pretest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 27, maksimum 65,  rata-rata 49.72, dan standar deviasi 9.815. Hasil posttest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 48, nilai maksimum 95, nilai rata-rata 76.72, dan standar deviasi 13.446. Hasil pretest kelas kontrol memiliki nilai minimum 25, maksimum 65, rata-rata 39.94, dan standar deviasi 10.602. Hasil posttest kelas kontrol memiliki nilai minimum 35,  maksimum 86, rata-rata 60.89, dan standar deviasi 15.556. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dari kedua kelas berdistribusi normal. Uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran RME mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan keliling lingkaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyanti, N. D., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2023). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Contesxtual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(2), 114-121.

Halawa, A. N., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 57-64.

Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., ... & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuan (Panduan & Referensi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nasution, F., Ummi, I., Aulia, J. D., Rizka, L., & Adlya, R. (2023). Peranan Guru Bimbingan Konseling Pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 25-34.

Nidawati, N. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Fitrah: International Islamic Education Journal, 5(1), 105-122.

Purnama, A. N., Agus, I., & Halistin, H. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 1-9.

Sitepu, E. M. R., Nainggolan, J. A., & Lumbansiantar, R. A. (2023). Urgensi Bagi Pendidikan di Negera Indonesia yang sedang Berkembang. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 100-108.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Zainal, Z., & Sary, I. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Maccayya, 1(1), 12-18.

Published
2025-06-25
How to Cite
Buton, L. A., Ratumanan, T. G., & Wattimanela, H. J. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RME DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN SISWA SD ALHILAAL NAMSINA DAN SD NEGERI 1 WAPLAU, KABUPATEN BURU. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 7(1), 143-148. https://doi.org/10.30598/jumadikavol7iss1year2025page143-148