PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 9 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • La Alim Buton Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Jonny Latuny Universitas Pattimura
Keywords: ADDIE, nteraktif, Media pembelajaran iSpring Suite 9, Pembelajaran matematika, R&D, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis iSpring Suite 9 untuk materi keliling segitiga di kelas V SD Alhilaal Namsina, Kabupaten Buru, guna meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, ditemukan bahwa pembelajaran sebelumnya hanya menggunakan buku teks dan ceramah tanpa media interaktif. Pada tahap perancangan, media interaktif iSpring Suite 9 dibuat dan divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini dinilai sangat layak dan efektif. Ahli materi memberikan skor 83% dan ahli media 87%, keduanya dalam kategori sangat layak. Evaluasi dari pendidik menunjukkan peningkatan dari 84% pada uji coba pertama menjadi 94% pada uji coba kedua. Respon peserta didik juga sangat positif, dengan peningkatan skor dari uji coba pertama ke kedua dalam aspek kualitas isi (86% ke 94%), kualitas media (86% ke 96%), tampilan media (92% ke 94%), perasaan terhadap penggunaan media (82% ke 96%), rasa ingin tahu (84% ke 98%), dan motivasi (86% ke 98%). Media ini dinyatakan valid, layak, dan efektif dalam memotivasi serta mendukung pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14-20.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Di gital. PT Remaja Rosdakarya

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021), September). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 144-150)

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177-190.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Jannah, F., & Mustokoweni, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Tema 8 Untuk Siswa Kelas V Semester 2 Di Sdn Kademangan 1 Kota Probolinggo. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 59-64.

Laurens, T., Mananggel, M. B., & Sapulette, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Desain Grafis Dan Analisis Real Berbasis Digital. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 85-92.

Lestari, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Spring Suite 8 pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-11.

Marlinda, A., Hanim, N., & Eriawati, E. (2023, June). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Atlas Jamur Makroskopis Pada Materi Kingdom Fungi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 11, No. 1, pp. 81-89).

Mataheru, H. (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa Kelas VIII SMP Katolik Ambon (Kajian Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar), Tesis, Tidak dipublikasi.

Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.

Rayanto, Yudi Hari and Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan ADDIE & R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Sari, E. T. Y. (2023). Pengembangan Media Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 1(1), 29-34.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Published
2025-06-25
How to Cite
Buton, L. A., Laurens, T., & Latuny, J. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 9 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 7(1), 131-142. https://doi.org/10.30598/jumadikavol7iss1year2025page131-142