PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 9 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis iSpring Suite 9 untuk materi keliling segitiga di kelas V SD Alhilaal Namsina, Kabupaten Buru, guna meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, ditemukan bahwa pembelajaran sebelumnya hanya menggunakan buku teks dan ceramah tanpa media interaktif. Pada tahap perancangan, media interaktif iSpring Suite 9 dibuat dan divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini dinilai sangat layak dan efektif. Ahli materi memberikan skor 83% dan ahli media 87%, keduanya dalam kategori sangat layak. Evaluasi dari pendidik menunjukkan peningkatan dari 84% pada uji coba pertama menjadi 94% pada uji coba kedua. Respon peserta didik juga sangat positif, dengan peningkatan skor dari uji coba pertama ke kedua dalam aspek kualitas isi (86% ke 94%), kualitas media (86% ke 96%), tampilan media (92% ke 94%), perasaan terhadap penggunaan media (82% ke 96%), rasa ingin tahu (84% ke 98%), dan motivasi (86% ke 98%). Media ini dinyatakan valid, layak, dan efektif dalam memotivasi serta mendukung pembelajaran matematika.
Downloads
References
Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14-20.
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Di gital. PT Remaja Rosdakarya
Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azzahrah, A. (2021), September). Pentingnya Media Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 144-150)
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177-190.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Jannah, F., & Mustokoweni, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Tema 8 Untuk Siswa Kelas V Semester 2 Di Sdn Kademangan 1 Kota Probolinggo. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 59-64.
Laurens, T., Mananggel, M. B., & Sapulette, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Desain Grafis Dan Analisis Real Berbasis Digital. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 85-92.
Lestari, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis I-Spring Suite 8 pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-11.
Marlinda, A., Hanim, N., & Eriawati, E. (2023, June). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Atlas Jamur Makroskopis Pada Materi Kingdom Fungi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 11, No. 1, pp. 81-89).
Mataheru, H. (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa Kelas VIII SMP Katolik Ambon (Kajian Masalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar), Tesis, Tidak dipublikasi.
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.
Rayanto, Yudi Hari and Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan ADDIE & R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Sari, E. T. Y. (2023). Pengembangan Media Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Ispring Suite 9 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal pengabdian masyarakat teknologi terbarukan), 1(1), 29-34.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Copyright (c) 2025 La Alim Buton, Theresia Laurens, Jonny Latuny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.