PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika IAIN Mataram. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri ata 4 tahap yaitu Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop), dan Tahap pendesiminasian (desseminate). Bahan ajar diujicobakan pada mahasiswa semester VI-D Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar, lembar kuesioner motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real. Bahan ajar dikembangkan dengan 4 tahapan pengembangan yaitu tahap pendefinisian meliputi mengkaji hubungan komponen (tujuan instruksional, GBPP, kebutuhn mahasiswa, analisis materi). Tahap perancangan adalah tahap menulis dan membuat perangkat bahan ajar (merumuskan tujuan instruksional dan metode penulisan buku ajar kompilasi). Selanjutnya tahap pengembangan meliputi pengembangan bahan ajar dengan menghasilkan desain bahan ajar, desain lembar kritik, desain kuis dan desain kuesioner serta melakukan vaildasi bahan ajar. Tahap berikutnya adalah tahap desiminasi dengan melakukan uji coba untung mematangkan bahan ajar. Berdasarkan penilaian validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan tergolong kategori baik dengan nilai 4,99 (skala 1-7). Menurut penilaian mahasiswa 88,46% mengatakan bahan ajar mudah dipahami. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba bahan ajar yang dikembangkan tidak memberikan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi bagi mahasiswa. Sementara porsentase kelulusan mahasiswa sebesar 72% dengan nilai kelulusan minimal C. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahan ajar mata kuliah Analisis Real mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang dikembangkan sudah cukup memenuhi kriteria valid dan praktis
Downloads
References
Briggs, L.J. 1979. Instructional Design Principles and Application. New Jersey: Englewood Cliffs.
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gagne, R.M., dan L.J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Rinehart and Winston.
Haryadi. 2003. “Hubungan Intensitas Mendengarkan Ceramah, Pemahaman Buku Teks dan Partisipasi Berorganisasi dengan Retorikaâ€. Jurnal Kependidikan Nomor 2 Tahun 2003, halaman: 161-184.
Nasution S. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Panen, Paulina, dan Purwanto. 2001. Mengajar di perguruan tinggi, penulisan bahan ajar, bahan pelatihan PEKERTI & Applied Approach. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Winkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wlodkowski, Raymond. J. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Copyright (c) 2020 Kristayulita Kristayulita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.