PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

  • Kristayulita Kristayulita
Keywords: pengembangan, bahan ajar, mata kuliah analisis real, motivasi, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika IAIN Mataram. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri ata 4 tahap yaitu Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop), dan Tahap pendesiminasian (desseminate). Bahan ajar diujicobakan pada mahasiswa semester VI-D Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar, lembar kuesioner motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real. Bahan ajar dikembangkan dengan 4 tahapan pengembangan yaitu tahap pendefinisian meliputi mengkaji hubungan komponen (tujuan instruksional, GBPP, kebutuhn mahasiswa, analisis materi). Tahap perancangan adalah tahap menulis dan membuat perangkat bahan ajar (merumuskan tujuan instruksional dan metode penulisan buku ajar kompilasi). Selanjutnya tahap pengembangan meliputi pengembangan bahan ajar dengan menghasilkan desain bahan ajar, desain lembar kritik, desain kuis dan desain kuesioner serta melakukan vaildasi bahan ajar. Tahap berikutnya adalah tahap desiminasi dengan melakukan uji coba untung mematangkan bahan ajar. Berdasarkan penilaian validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan tergolong kategori baik dengan nilai 4,99 (skala 1-7). Menurut penilaian mahasiswa 88,46% mengatakan bahan ajar mudah dipahami. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba bahan ajar yang dikembangkan tidak memberikan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi bagi mahasiswa. Sementara porsentase kelulusan mahasiswa sebesar 72% dengan nilai kelulusan minimal C. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahan ajar mata kuliah Analisis Real mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang dikembangkan sudah cukup memenuhi kriteria valid dan praktis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Briggs, L.J. 1979. Instructional Design Principles and Application. New Jersey: Englewood Cliffs.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gagne, R.M., dan L.J. Briggs. 1979. Principles of Instructional Design. New York: Rinehart and Winston.

Haryadi. 2003. “Hubungan Intensitas Mendengarkan Ceramah, Pemahaman Buku Teks dan Partisipasi Berorganisasi dengan Retorikaâ€. Jurnal Kependidikan Nomor 2 Tahun 2003, halaman: 161-184.

Nasution S. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Panen, Paulina, dan Purwanto. 2001. Mengajar di perguruan tinggi, penulisan bahan ajar, bahan pelatihan PEKERTI & Applied Approach. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Winkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wlodkowski, Raymond. J. 2004. Hasrat Untuk Belajar (Membantu Anak-anak Termotivasi dan Mencintai Belajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published
2020-09-28
How to Cite
Kristayulita, K. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), 66-80. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss2year2020page66-80