DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung
  • Widyastuti Widyastuti Universitas Lampung
  • Riyan Ramadhan Universitas Lampung
Keywords: komunikasi matematis, self-efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian instrumen angket self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan a = 0,05.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang cukup tinggi dan semakin tinggi self-efficacy siswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan 63,1% variabilitas kemampuan komunikasi siswa dapat dijelaskan oleh self-efficacy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, A dan Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2): 102-110. [Online]. Tersedia: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/ view/91. Diakses pada 20 Oktober 2019.

Azwar, Saifuddin (2012). Tes prestasi, fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New york: W.H. Freeman and Company. [Online]. Tersedia: http://dl157.zlibcdn.com/dtoken/022e1d40b4f57687 4625ba1eb687f35. Diakses pada 22 april 2020.

Desmawati, Mariana, R., Mulyani, S. H. (2015). Hubungan antara Self-efficacy dengan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche Journal 8(2), pp 14-28.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus No. 1 (Online). Tersedia:http://jurnal.upi.edu/file/8- Fachrurazi.pdf. (21 November 2019).

Gewati, M. (2018). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Solusinya? Diambil dari kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/21/09211381/kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatikan-solusinya?page=all

Hamidah. (2012). Pengaruh Self-efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendiidkan dan Penerapan MIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1): 52-60. [Online]. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/viewFile/ 424/329. Diakses pada 22 April 2020.

Hendriana, H dan Gida Kadarisma. (2019). Self-efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 3, No. 1, Maret 2019 [Online]. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/2033/1321424/329. Diakses pada 22 April 2020.

Hodanova, J & Nocar, D. (2016). Mathematics Importance in Our Life. Proceedingsof INTED 2016 Conference 7th-9th March, 2016. Valencia, Spain.

Ihsan, Fuad. (2011). Dasar-dasar Kependidikan. Pt Rineka Cipta, Jakarta.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan dalam Membangun Karkter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 1(1), 27-33

Kemdikbud, (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. [Onlone]. Tersedia: jdih.kemdikbud.go.id

Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. JIPMat, 3(1), 59-64. [Online]. Tersedia: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/2183.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama, Bandung. 365 hlm.

Mustaqim, R. (2009). Hubungan antara Kemandirian dengan Self-Efficacy pada Mahasiswa. Unpublished Skripsi. Bandung: UPI.

Noer, Sri Hastuti. (2012). Self-efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10098/. Diakses pada 23 April 2020.

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. (http://www.oecd.org/pisa) Diakses pada 10 November 2019.

Pusat Bahasa Depdiknas. (2016). Kamus Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Balai Pustaka. (Online). Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengaruh. Diakses 4 November 2019.

Simalango, Maria Mareta., Darmawijoyo, Aisyah, Nyimas. (2018) Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA pada Konteks Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 12 Nomor 1, pp 43-58.

Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 22-24 Agustus 2017, pp 224-232.

Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 471 hlm

Victoriana, Evany. (2012). Studi Kasus Mengenai Self-Efficacy Untuk Menguasai Mata Kuliah Psikodiagnostika Umum pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Di Universitas “Xâ€. [Online]. Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/ 20422/4/Chapter%20II.pdf. Diakses pada 23 April 2020

Widyastuti, Agung P.W., Wayam R., dan Rini R.T.M. (2019). Minat Siswa terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 1. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/ index.php/jpm/article/view/6750. Diakses pada 24 Agustus 2020

Wulansari, Suganda, Asep Ikin., Fitriana, Aflich Yusnita. (2019). Hubungan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Jurnal on Education Volume 01 Nomor 03, pp 422-428

Published
2021-09-12
How to Cite
NurhanurawatiN., WidyastutiW., & RamadhanR. (2021). DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 51-58. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page51-58