DAMPAK SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian instrumen angket self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy yang cukup tinggi dan semakin tinggi self-efficacy siswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan 63,1% variabilitas kemampuan komunikasi siswa dapat dijelaskan oleh self-efficacy
Downloads
References
Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, A dan Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2): 102-110. [Online]. Tersedia: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/ view/91. Diakses pada 20 Oktober 2019.
Azwar, Saifuddin (2012). Tes prestasi, fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. New york: W.H. Freeman and Company. [Online]. Tersedia: http://dl157.zlibcdn.com/dtoken/022e1d40b4f57687 4625ba1eb687f35. Diakses pada 22 april 2020.
Desmawati, Mariana, R., Mulyani, S. H. (2015). Hubungan antara Self-efficacy dengan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMPN 2 Padang Panjang. Psyche Journal 8(2), pp 14-28.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI Edisi Khusus No. 1 (Online). Tersedia:http://jurnal.upi.edu/file/8- Fachrurazi.pdf. (21 November 2019).
Gewati, M. (2018). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Memprihatinkan, Solusinya? Diambil dari kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/21/09211381/kemampuan-matematika-siswa-indonesia-memprihatikan-solusinya?page=all
Hamidah. (2012). Pengaruh Self-efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendiidkan dan Penerapan MIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1): 52-60. [Online]. Tersedia: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/viewFile/ 424/329. Diakses pada 22 April 2020.
Hendriana, H dan Gida Kadarisma. (2019). Self-efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Volume 3, No. 1, Maret 2019 [Online]. Tersedia: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/download/2033/1321424/329. Diakses pada 22 April 2020.
Hodanova, J & Nocar, D. (2016). Mathematics Importance in Our Life. Proceedingsof INTED 2016 Conference 7th-9th March, 2016. Valencia, Spain.
Ihsan, Fuad. (2011). Dasar-dasar Kependidikan. Pt Rineka Cipta, Jakarta.
Inanna. (2018). Peran Pendidikan dalam Membangun Karkter Bangsa yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 1(1), 27-33
Kemdikbud, (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. [Onlone]. Tersedia: jdih.kemdikbud.go.id
Kurnia, R. D. M., Mulyani, I., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. JIPMat, 3(1), 59-64. [Online]. Tersedia: http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/2183.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama, Bandung. 365 hlm.
Mustaqim, R. (2009). Hubungan antara Kemandirian dengan Self-Efficacy pada Mahasiswa. Unpublished Skripsi. Bandung: UPI.
Noer, Sri Hastuti. (2012). Self-efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10098/. Diakses pada 23 April 2020.
OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. (http://www.oecd.org/pisa) Diakses pada 10 November 2019.
Pusat Bahasa Depdiknas. (2016). Kamus Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Balai Pustaka. (Online). Tersedia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengaruh. Diakses 4 November 2019.
Simalango, Maria Mareta., Darmawijoyo, Aisyah, Nyimas. (2018) Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA pada Konteks Change and Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 12 Nomor 1, pp 43-58.
Siregar, Nani Restati. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 22-24 Agustus 2017, pp 224-232.
Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 471 hlm
Victoriana, Evany. (2012). Studi Kasus Mengenai Self-Efficacy Untuk Menguasai Mata Kuliah Psikodiagnostika Umum pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Di Universitas “Xâ€. [Online]. Tersedia: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/ 20422/4/Chapter%20II.pdf. Diakses pada 23 April 2020
Widyastuti, Agung P.W., Wayam R., dan Rini R.T.M. (2019). Minat Siswa terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 1. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/ index.php/jpm/article/view/6750. Diakses pada 24 Agustus 2020
Wulansari, Suganda, Asep Ikin., Fitriana, Aflich Yusnita. (2019). Hubungan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Jurnal on Education Volume 01 Nomor 03, pp 422-428
Copyright (c) 2021 Nurhanurawati Nurhanurawati, Widyastuti Widyastuti, Riyan Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.