PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI BERBANTUAN SPSS PADA MATA KULIAH STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONCEPT MATEMATIS MAHASISWA FKIP

  • Magy Gaspersz Universitas Pattimura
  • Reinhard Salamor Universitas Pattimura
Keywords: kemampuan berpikir kritis matematis, model pembelajaran group investigation, self concept matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self-concept matematis mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) berbantuan SPSS dan model pembelajaran konvensional. Tipe Penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pre-test-post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Melalui teknik purposive sampling, dua kelas dipilih sebagai sampel yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemamuan berpikir kritis dan angket skala self- concept. Analisis data kemampuan berpikir kritis matematis dan self concept menggunakan uji Mann Whitney dari nilai gain yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat perbedaan  kemampuan berpikir kritis dan self-concept matematis mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model GI berbantuan SPSS dari mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional; dan (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 0,4 dan kelas kontol sebesar 0,3 sedangkan self-concept matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI (eksperimen) yaitu sebesar 79,93 lebih baik daripada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional (control) sebesar 65,12

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artini, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Impres 1 Tondo. Universitas Tadulako.e-Jurnal Mitra Sains Vol. 3. No. 1, Januari 2015.

Ayodele, J.O. (2011). Self-concept and Performance of Secondary School Students in Mathematics. Journal of Educational and Developmental Psychology. 1(1), 49-54.

Budianti, Y & Purwaningsih, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas V SD Negeri Harapan Jaya 1 Bekasi Utara. Jurnal Pedagogik Vol. VI, No. 1, Februari 2018

Fahradina, N, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 Vol 1. No 1. Sept 2014

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Model-Model Pengajaran (Terjemahan edisi delapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juniartina, P. P (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V Tahun 2015. Hal 188-194

Liberina, H. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif Vol 2, Nomor 3, Hal 190-197. ISSN:2088-351X

Pamungkas, S. A. (2015). Kontribusi Self Concept Matematis Dan Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dinamika Pendidikan (JDP). Volume 8, Nomor 2, Juli 2015. Hal 55-60.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Vol. 1 No 1 bulan Maret 2016. Halaman 34-38 p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443

Rahman, R. (2012). Hubungan antara self-concept terhadap matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012. Hal 19-30 e-ISSN: 2460-9285

Salamor, R. (2013). Pembelajaran Group Investigation dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir dan Self Concept Matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Thesis. Bandung: UPI

Turmudi. (2009). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika; Berparadigma Eksplorasi dan Investigasi. Jakarta: Leuser Cita Pustaka

Yara, P.O. (2010). Student's Self-Concept and Mathematics Achievement in Some Secondary school on Southwestern Nigeria. European Journal of Social Sciences, Vol 13, No 1, 127-132

Published
2021-05-08
How to Cite
Gaspersz, M., & Salamor, R. (2021). PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI BERBANTUAN SPSS PADA MATA KULIAH STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONCEPT MATEMATIS MAHASISWA FKIP. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 26-34. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page26-34