ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA DASAR SECARA DARING

  • Wilmintjie Mataheru
  • Novalin C Huwaa Universitas Pattimura
  • Christi Matitaputty Universitas Pattimura
Keywords: kesalahan mahasiwa, deskriptif kualitatif, matematika dasar

Abstract

Topik matematika dasar merupakan fokus utama saat mempersiapkan mahasiswa baru masuk sebelum masuk perkuliahan di jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, mahasiswa harus dapat memahami konsep dari beberapa topik matematika dasar ini dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrpsikan kesalahan-kesalahan dalam memahami topik-topik matematika dasar, yaitu topik himpunan, relasi, fungsi, matriks, vektor, limit, turunan dan integral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpatti. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari 7 soal tentang topik-topik matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan beberapa kesalahan di antaranya kesalahan faktual, kesalahan prosedural, kesalahan konseptual dan kecerobohan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. M. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Integral Luas Daerah di Bawah Kurva dan Volume Benda Putar. An-Nahdhah, 12(23), 159–176.

Ashlock, R. B. (2006). Error patterns in computation: using error patterns to improve instruction 9th Edition (9th ed.; L. A. Montgomery, ed.). Ohio, Columbus: Pearson Prentice Hall.

Brown, J., & Skow, K. (2016). Mathematics : with Instructor ’ s Guide Table of Contents n Mathematics : Identifying and Addressing Student Errors.

Hasim, E. (2020). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PERGURUAN TINGGI DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “ Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar, 68–74. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Kapur, M. (2014). Productive failure in learning math. Cognitive Science, 38(5), 1008–1022. https://doi.org/10.1111/cogs.12107

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Mataheru, W. 2017. Laporan Kegiatan Matrikulasi. Ambon. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unpatti.

Mills, G. E., & Gay, L. R. (2019). Educational Research: Competencies for analysis and application Twelfth Edition. In Pearson Education (Twelfth). United State America: Pearson Education.

Morgan, C. (2005). Word, definitions and concepts in discourses of mathematics, teaching and learning. Language and Education, 19(2), 102–116. https://doi.org/10.1080/09500780508668666

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Theorems, 2(1), 74–85.

Pesek, D. D., & Kirshner, D. (2000). Interference of instrumental instruction in subsequent relational learning. Journal for Research in Mathematics Education, 31(5), 524–540. https://doi.org/10.2307/749885

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2016). ANALISIS PENGUASAAN OBJEK MATEMATIKA (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 146–154.

Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.

Schnepper, L. C., & McCoy, L. P. (2013). Analysis of Misconceptions in High School Mathematics. Networks: An Online Journal for Teacher Research, 15(1), 625–625. https://doi.org/10.4148/2470-6353.1066

Subanji, & Nusantara, T. (2013). Karakterisasi kesalahan berpikir siswa dalam mengonstruksi konsep matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 208–217.

Utari, R. S., & Utami, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–50. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6820.39-50

Veloo, A., Krishnasamy, H. N., & Wan Abdullah, W. S. (2015). Types of student errors in mathematical symbols, graphs and problem-solving. Asian Social Science, 11(15), 324–334. https://doi.org/10.5539/ass.v11n15p324

Vinner, S. (2002). The role of aesthetics in the teaching and learning of data modelling. In Advanced mathematical thinking (pp. 65–81). https://doi.org/10.1080/09500693.2021.1875514

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Universitas Sriwijaya

Published
2021-05-16
How to Cite
Mataheru, W., Huwaa, N., & Matitaputty, C. (2021). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA DASAR SECARA DARING. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 45-50. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page45-50