PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DAN ANALISIS REAL BERBASIS DIGITAL

  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Marlin Blandy Mananggel Universitas Pattimura
  • Fentje Sapulette Universitas Pattimura
Keywords: media digital, blended learning, video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran mata kuliah desain grafis dan analisis real yang berbasis digital. Pembelajaran dengan media berbasis digital ini menggunakan pendekatan blended learning. Penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan Alessi dan Trolip yang terdiri atas fase perencanaan, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura yang menawarkan mata kuliah desain grafis dan analisis real. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui hasil validasi ahli media dan ahli materi serta respons siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis digital layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admadja, I. P., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian S uatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Balkis, A. R., Darlius, D., & Asri, A. F. (2015). Pengembangan E-Book sebagai Bahan Ajar pada Poko Bahasan Sistem Bahan Bakar Bensin di Kelas XI TKR SMK PGRI Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2). https://doi.org/10.36706/JPTM.V2I2.5333

Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, A. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Güler, G. (2016). The Difficulties Experienced in Teaching Proof to Prospective Mathematics Teachers: Academician Views. Higher Education Studies, 6(1), 145. https://doi.org/10.5539/hes.v6n1p145

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Harini, L., Astawa, G., & Srinadi, G. (2014). Eksplorasi Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Pengembangan Buku Teks Analisis Real Bermuatan Peta Pikiran. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, September, 941–949. https://www.researchgate.net/publication/285592489_EKSPLORASI_MISKONSEPSI_MAHASISWA_DALAM_PENGEMBANGAN_BUKU_TEKS_ANALISIS_REAL_BERMUATAN_PETA_PIKIRAN

Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. (2017). Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Konstektual Pada Topik Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (Vol. 4, Issue 2).

Li, J. Y., & Shieh, C. J. (2016). A study on the effects of multiple goal orientation on learning motivation and learning behaviors. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(1), 161–172. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1221a

Meilani, M. (2014). Berbudaya Melalui Media Digital. Humaniora, 5(2), 1009. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3210

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Palinussa, A. L., & Mananggel, M. B. (2021). Model Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1809–1822.

Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Real Mahasiswa Pendidikan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90

Plomp, T., & Nieveen, N. (2014). Educational design research. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, January 2013, 131–140. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_11

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194

Admadja, I. P., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.8107

Balkis, A. R., Darlius, D., & Asri, A. F. (2015). Pengembangan E-Book sebagai Bahan Ajar pada Poko Bahasan Sistem Bahan Bakar Bensin di Kelas XI TKR SMK PGRI Tanjung Raja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2). https://doi.org/10.36706/JPTM.V2I2.5333

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Güler, G. (2016). The Difficulties Experienced in Teaching Proof to Prospective Mathematics Teachers: Academician Views. Higher Education Studies, 6(1), 145. https://doi.org/10.5539/hes.v6n1p145

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Li, J. Y., & Shieh, C. J. (2016). A study on the effects of multiple goal orientation on learning motivation and learning behaviors. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(1), 161–172. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1221a

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Plomp, T., & Nieveen, N. (2014). Educational design research. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Fourth Edition, January 2013, 131–140. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_11

Ratumanan, T. G. & Laurens, Th. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika

Sari, C. K., Waluyo, M., Ainur, C. M., & Darmaningsih, E. N. (2017). Menggunakan Contoh Dalam Pembuktian. JIPMat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1475

Sadiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada

Sari, C. K., Waluyo, M., Ainur, C. M., & Darmaningsih, E. N. (2017). Menggunakan Contoh Dalam Pembuktian. JIPMat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1475

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.37

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada Press

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Published
2021-11-16
How to Cite
Laurens, T., Mananggel, M., & Sapulette, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DAN ANALISIS REAL BERBASIS DIGITAL. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 85-92. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page85-92