MENGUKUR KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS VII DI SEKOLAH ABC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Gabriel Nababan Universitas Pelita Harapan
  • Jun Extin Loyalti Purba Universitas Pelita Harapan
  • Kristina Anugerah Aji Universitas Pelita Harapan
Keywords: keterlibatan siswa, pelajaran matematika, pembelajaran online

Abstract

Mengembangkan pemahaman tentang apa yang mendasari keterlibatan siswa dalam lingkungan pembelajaran online merupakan hal yang penting, khususnya Close Paneldi masa pandemi Covid-19 yang telah mengharuskan para pelajar mengikuti proses pembelajaran di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keterlibatan siswa kelas VII Sekolah ABC selama pembelajaran online dan menjadi bahan evaluasi untuk proses pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar kuesioner online menggunakan skala Likert 1 hingga 5 dan menggunakan Online Student Engagement Scale yang dikembangkan oleh Marcia D. Dixson. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kuesioner online adalah valid. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi menggunakan metode Chi-Square, diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi antara keterlibatan siswa dengan asal SD sebelumnya. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji Mean menggunakan uji Z, diperoleh kesimpulan bahwa tidak cukup data untuk membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata keterlibatan antara siswa laki-laki dengan keterlibatan siswa perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carliner, S. (2004). An Overview of Online Learning. United States: HRD Press, Inc.

Dixson, M. D. (2015). Measuring Student Engagement in the Online Course: The Online Student Engagement Scale (OSE). Online Learning – Volume 19 Issue 4 .

Fredricks, J. A., & McColskey, W. (2012). The Measurement of Student Engagement: A Comparative Analysis of Various Methods and Student Self -report Instruments. Handbook of Research on Student Engagement, 763 - 782.

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P., & Paris, A.H. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, 74, 109 - 59.

Fredricks, J., McColskey, W., Meli, J., Mordica, J., Montrosse, B., & Mooney, K. (2011). Measuring student engagement in upper elementary through high school: a description of 21 instruments. REL 2011-No.098, 1-80.

Handelsman, M. M., Briggs , W. L., Sullivan, N., & Towler, A. (2005). A measure of College Student Course Engagement. The Journal of Educational Research Vol. 98 (No. 3), 184-191.

Hu, S., & Kuh, G. (2002). Being (Dis)Engaged in Educationally Purposeful Activities: The Influences of Student and Institutional Characteristics. Research in Higher Education 43, 555-575. Retrieved from https://doi.org/10.1023/A:1020114231387

Korlat, S., Kollmayer, M., Holzer, J., Luftenegger, M., Pelikan, E. R., Schober, B., & Spiel, C. (March 2021). Gender Differences in Digital Learning During Covid-19: Competenece Beliefs, Intrinsic Value, Learning Engagement, and Perceived Teacher Support. Frontiers in Psychology Volume 12, 1-12. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637776

Martin, J., & Torres, A. (2016). User’s Guide and Toolkit for the Surveys of Student Engagement: The High School Survey of Student Engagement (HSSSE) and the Middle Grades Survey of Student Engagement (MGSSE). Retrieved from National Association of Independent School: https://www.nais.org/Articles/Documents/Member/2016%20HSSSE-report-full-FINAL.pdf

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuhanna, I., Alexander, A., & Kachik, A. (2020). Advantages and Disadvantages of Online Learning. Journal Educational Verkenning, 13-19

Published
2021-11-18
How to Cite
NababanG., PurbaJ. E., & AjiK. (2021). MENGUKUR KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS VII DI SEKOLAH ABC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 100-109. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page100-109