ANALISIS KESALAHAN BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS XI SMA/MA KURIKULUM 2013
Abstract
Buku teks merupakan kebutuhan utama dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan beragamnya buku teks dari berbagai penerbit buku. Meskipun buku teks telah dinilai kelayakannya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namun masih memungkinkan adanya kesalahan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang terdapat pada buku teks matematika kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Jenis kesalahan yang dimaksud adalah jenis kesalahan berdasarkan objek matematika yang diantaranya kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 kesalahan yang berkaitan dengan fakta, 12 kesalahan yang berkaitan dengan konsep, 12 kesalahan yang berkaitan dengan prinsip dan 18 kesalahan yang berkaitan dengan operasi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam memilih buku teks matematika yang baik dan tepat
Downloads
References
Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 1–15.
Agustina, L., Nurhidayah, D., & Wiratomo, Yogi. (2020). Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP / MTs untuk Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 80, 359–370.
Andar, A., & Ikman, I. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 15–28.
Arroida, Azzanie K., & Retnawati, E. (2018). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 23–35.
Fajriatin, Alfin. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell. Makalah Yang Disajikan Di Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-02-73403-0-5, 71–76.
Kinanti, Lutfia P., & Sudirman, S. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345.
Martono, K. (1999). Kalkulus (D. Subagdja (Ed.); 1st ed.). Erlangga.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional. (n.d.).
Putri, Vini W., & Gazali, Fauzana. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(2), 3.
Ramda, Apolonia H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 13.
Riyanto, M. Z. (2008). Pengantar Analisis Real I.
Rizkianto, I., & Santosa, Rusgianto H. (2017). The Anaysis Of Junior High School Students Mathematics Book 2013 Curriculum. Mosharafa, 6(2), 230.
Sari, Diana P. (2016). Analisis Kesalahan Buku Teks Matematika SMP/MTS Kelas VII Berdasarkan Objek Kajian Matematika. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 77–87.
Sari, Milya, & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science:Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 48.
Setyowati, T. (2018). Analisis Kesalaan Prinsip dan Operasi Dalam Menentukan Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7.
Suyono, & Soemoenar. (2014). Objek Pembelajaran Matematika Sekolah (pp. 1–40). Universitas Terbuka.
Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74–82.
Varberg, D., Purcell, Edwin J., & Rigdon, Steven E. (2007). Calculus (9th ed.). Prentice Hall.
Yurniwati. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, Vll(1), 53–60
Copyright (c) 2021 Aprilia Dwi Mayangsari, P M Labulan, Rusdiana Rusdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) Posting Your Article Policy.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.