ANALISIS KESALAHAN BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS XI SMA/MA KURIKULUM 2013

  • Aprilia Dwi Mayangsari Universitas Mulawarman
  • P M Labulan Universitas Mulawarman
  • Rusdiana Rusdiana Universitas Mulawarman
Keywords: analisis kesalahan, buku teks matematika, kurikulum 2013, objek matematika

Abstract

Buku teks merupakan kebutuhan utama dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan beragamnya buku teks dari berbagai penerbit buku. Meskipun buku teks telah dinilai kelayakannya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), namun masih memungkinkan adanya kesalahan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang terdapat pada buku teks matematika kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Jenis kesalahan yang dimaksud adalah jenis kesalahan berdasarkan objek matematika yang diantaranya kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 kesalahan yang berkaitan dengan fakta, 12 kesalahan yang berkaitan dengan konsep, 12 kesalahan yang berkaitan dengan prinsip dan 18 kesalahan yang berkaitan dengan operasi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam memilih buku teks matematika yang baik dan tepat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Analogi. Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1), 1–15.

Agustina, L., Nurhidayah, D., & Wiratomo, Yogi. (2020). Analisis Materi dan Penyajian pada Buku Teks Matematika SMP / MTs untuk Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 80, 359–370.

Andar, A., & Ikman, I. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 15–28.

Arroida, Azzanie K., & Retnawati, E. (2018). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 23–35.

Fajriatin, Alfin. (2015). Analisis Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX Bab Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Konten Pada Kriteria Bell. Makalah Yang Disajikan Di Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-02-73403-0-5, 71–76.

Kinanti, Lutfia P., & Sudirman, S. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345.

Martono, K. (1999). Kalkulus (D. Subagdja (Ed.); 1st ed.). Erlangga.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional. (n.d.).

Putri, Vini W., & Gazali, Fauzana. (2021). Studi Literatur Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Kimia. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3(2), 3.

Ramda, Apolonia H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 13.

Riyanto, M. Z. (2008). Pengantar Analisis Real I.

Rizkianto, I., & Santosa, Rusgianto H. (2017). The Anaysis Of Junior High School Students Mathematics Book 2013 Curriculum. Mosharafa, 6(2), 230.

Sari, Diana P. (2016). Analisis Kesalahan Buku Teks Matematika SMP/MTS Kelas VII Berdasarkan Objek Kajian Matematika. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 77–87.

Sari, Milya, & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science:Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 48.

Setyowati, T. (2018). Analisis Kesalaan Prinsip dan Operasi Dalam Menentukan Koordinat Kutub Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7.

Suyono, & Soemoenar. (2014). Objek Pembelajaran Matematika Sekolah (pp. 1–40). Universitas Terbuka.

Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74–82.

Varberg, D., Purcell, Edwin J., & Rigdon, Steven E. (2007). Calculus (9th ed.). Prentice Hall.

Yurniwati. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, Vll(1), 53–60

Published
2021-11-12
How to Cite
Mayangsari, A., Labulan, P., & Rusdiana, R. (2021). ANALISIS KESALAHAN BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS XI SMA/MA KURIKULUM 2013. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 79-84. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page79-84