KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT

  • Billy Alexa Bellvian Universitas Papua
  • Haryanto Haryanto Universitas Papua
  • Andi Fajeriani Wyrasti Universitas Papua
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, teori polya, model tgt

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA III SMA N 2 Manokwari pada materi penerapan turunan berdasarkan teori Polya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengerjakan soal, siswa tidak mengacu kepada teori pemecahan masalah matematika menurut Polya secara sempurna. Terjadinya kelemahan ini disebabkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengharuskan siswa mengerjakan soal dengan memanfaatkan waktu seefisien mungkin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Novita Nurul, dan Mohammad Mukhlis. (2020) “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), hlm: 105 – 128.

Hadi, Sutarto, dan Radiyatul (2014), “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), hlm: 53 – 61.

Ilela, N. Laamena, Ch, Tamalene, H. 2021. Model Pembelajaran Core, Scramble, Hasil Belajar, dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Journal of Honai Math. Vol 4 nomor 1. 85-100

Ilmiyana, Miftahul. (2018) “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI)”.Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Isrok’atun, dan Rosmala, Amelia (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Laamena, Ch. M. dan Laurens, Th. (2021) Mathematical Literacy Ability and Metacognitive Characteristics Of Mathematics Pre-Service Teacher. Infinity, Journal of Mathematics Education. Vol 10 Nomor 259-270

Lestari, Lesla, dan Deddy Sofyan (2014). “Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Matematika Antara Yang Mendapat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dengan Pembelajaran Konvensional”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2),

Lutfiyah, Nur Iffah. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Pada Siswa Kelas VIII SMP IT Insan Mulia Manokwari”. Skripsi. Universitas papua: 2020.

Munirah. “Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita”. Auladuna, 2(2), 2015: 233-245.

Rahmat, Fitriyane L. Apriliani, Suwatno, dan Rasto. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams games Tournament “. Social Science Education Journal, 5(1), 2018: 15 – 23.

Sholihah, Ai. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 2016: 45 – 53. Bandung: Nusa Media, 2015.

Wattiheluw, Nurlaila, Syafrudin Kaliky, dan Salmiati Ma’aruf (2018). ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Matriks Kelas XI SMA Negeri SIWALIMA Ambon”. Prosiding, SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, Ambon: IAIN.

Widyastuti, Rani (2015). “Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasakran teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber”. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2)

Published
2021-11-18
How to Cite
Bellvian, B., Haryanto, H., & Wyrasti, A. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 93-99. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page93-99