KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

  • Johanis Stefanus Lakusa Universitas Pattimura
  • La Moma Universitas Pattimura
  • Anderson L Palinussa Universitas Pattimura
Keywords: berpikir kritis, problem based learning, discovery learning, gender

Abstract

Berpikir kritis hendaknya menjadi salah satu aktivitas yang harus dikembangkan dan diajarkan di setiap mata pelajaran, karena kemampuan berpikir kritis bukan bawaan sejak lahir. Kemampuan berpikir kritis dalam penyelesaian masalah matematika hendaknya didukung oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Setiap siswa memiliki perbedaan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dalam pemecahan masalah. Perbedaan ini dapat juga dikategorikan berdasarkan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) ditinjau dari segi gender. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran, dengan strategi metode campuran bertahap, yaitu tahap pertama adalah mengumpulkan dan menganalsis data kuantitatif kemudian diikuti oleh pengumpulan dan menganalisis data kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 6 Ambon. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis menurut Facione. Analisis data yang dilakukan dalam peneitian ini terbagi atas analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Analisa data kualitatif yang dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi Data, penyajian Data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DL dan juga tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berdasarkan gender, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan DL dengan gender terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep, P., R. Suhartina, R. Yohana, I. A. Mustaqimah, W. Hidayat. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol.1, No.4, hal.631-637.

Ahmad, L. O., M. Ibrahim, L. Arapu (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Penemuan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol.6, No.1, hal.57-70.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. FMIPA-Universitas PGRI Semarang.

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Metakognitif Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79-97.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Facione, A.P. (1994). Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. California Academia Press, San Francisco.

Farisi, A; Hamid. A; Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2(3) 283-287

Hasratuddin. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Mathematical. Vol.4, No.2, Hal.19-33

Khairunnisa, R., & Setyaningsih, N. (2017). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Gender (Pada Kelas Vii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Munawarah & Imran Hante. (2020). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Jenis Kelamin: Analisis melalui Inkuiri pada Siswa SMA Pada Materi Kimia. Jurusan Kimia, Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica Vol. 21 Nomor 2 Desember 2020, 228 – 236

Nurrohmi, Y; Utaya, S; Utomo, D, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. 2(10) 1308-1314.

Putri, E, A; Mulyanti, Y; Imswatama, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Tardis Matematika. 1(2) 167-174

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 89–96.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., dan Frida Marta Argareta Simorangkir, F.M.A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Mathematical, Vol.6, No.1, Hal.29-42.

Simanjuntak, E., Yasifati, H., Manurung, N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Perbedaan Gender. SEJ (School Education Journal, Vol.9 No.3, hal.213-220

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Widyastuti, D., Astuti, S. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika kelas 4 SD Gugus Imam Bonjol. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhamadiyah Semarang. Vol.7, No.1, Hal.76-83

Yerizon, Putri Wahyuni, Ahmad Fauzan. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender Dan Level Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol.10, No.1, hal.105-116

Yunita, N., Rosyana, T., Hendrian, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.1, No.3, Hal.325–332.

Published
2022-05-31
How to Cite
Lakusa, J., Moma, L., & Palinussa, A. (2022). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(1), 17-28. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss1year2022page17-28