Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada OPD Kabupaten Maluku Barat Daya)

  • Fredrik Laitera
  • N. Ahuluheluw
  • M. Fadila Laitupa
Keywords: Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia.

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (studi pada OPD Kabupaten Maluku Barat Daya). Penelitian bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh ASN yang bekerja di Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, sedangkan sampel yang dijadikan sebagai unit analisis pengujian adalah sebanyak 65 ASN. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa sistem akuntansi keuangan daerah, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-30
How to Cite
Laitera, F., Ahuluheluw, N., & Laitupa, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada OPD Kabupaten Maluku Barat Daya). Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 1(2), 74-80. https://doi.org/10.30598/kupna.v1.i2.p74-80