Pengaruh Kompleksitas Tugas Audit dan Skeptisme Profesional Terhadap Kualitas Hasil Audit (Study Empiris Pada Auditor BPK Perwakilan Provinsi Maluku)

  • Alfrin Ernest Marthen Usmany Universitas Pattimura
  • Engrith Grafelia Leunupun
Keywords: Kompleksitas, Skeptisme Profesional, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh kompleksitas tugas audit terhadap kualitas hasil audit Auditor BPK Perwakilan  Provinsi Maluku, dan menganalisis pengaruh profesional skeptisme terhadap kualitas hasil audit Auditor BPK Perwakilan  Provinsi Maluku. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor BPK Perwakilan Propinsi Maluku. Jumlah auditor BPK Perwakilan Provinsi Maluku sebanyak 32 Auditor, dan kesemuanya dijadikan sebagai sampel. Terdapat hubungan negatif namun tidak signifikan kompleksitas tugas audit terhadap kualitas hasil audit sehingga hipotesis yang diusulkan dalam penelitian ini ditolak. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar - 0,0860dan  nilai p-value sebesar 0,534, selain itu juga terdapat hubungan positif dan signifikan skeptisme profesional terhadap kualitas hasil audit sehingga hipotesis yang diusulkan dalam penelitian ini diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,831dan  nilai p-value sebesar 0,001.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-27
How to Cite
Usmany, A., & Leunupun, E. (2021). Pengaruh Kompleksitas Tugas Audit dan Skeptisme Profesional Terhadap Kualitas Hasil Audit (Study Empiris Pada Auditor BPK Perwakilan Provinsi Maluku). Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 2(1), 12-30. https://doi.org/10.30598/kupna.v2.i1.p12-30