PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI PSDKU MALUKU BARAT DAYA

  • Thimotina Killay Universitas Pattimura
  • Fanny Monica Anakotta Universitas Pattimura
  • Paulina Bakker Universitas Pattimura
Keywords: Kecerdasan Intelektual,, motivasi Belajar,, Pemahaman Akuntansi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester  akhir  pada mahasaisswa program studi akuntansi diluar kampus utama (PSDKU) Universitas Pattimura yang berjumlah 30 orang  mahasiswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. variabel kecerdasan intelektual memperoleh nilai t hitung sebesar 4,664 dan untuk nilai t tabel sebesar 1,703 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena  hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung > nilai t tabel, maka dapat disimpulkan bahwa variabel kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-11
How to Cite
Killay, T., Anakotta, F., & Bakker, P. (2022). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI PSDKU MALUKU BARAT DAYA. Kupna Akuntansi: Kumpulan Artikel Akuntansi, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.30598/kupna.v3.i1.p45-56