STRATEGI PENDIDIKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KONSERVASI SATWA LIAR PADA GENERASI MUDA DI DESA LEAHARI, PULAU AMBON

  • John Sahusilawane Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon. Indonesia
  • Ernywati Badaruddin Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura, Ambon. Indonesia
Keywords: Environmental Education, Conservation, Wildlife, Sasi Laut, Young Generation

Abstract

This community service activity was conducted in Leahari Village, Ambon Island, to raise awareness of wildlife conservation among the younger generation through environmental education based on local wisdom. The activity methods included outreach, participatory discussions, mangrove planting, and coastal cleanup, involving 50 participants consisting of students, youth, and community leaders. Evaluation was conducted through pre- and post-tests to measure improvements in knowledge, attitudes, and conservative behavior. Results showed an increase in knowledge from 55% to 90%, attitudes from 60% to 88%, and behavior from 58% to 86%. This activity demonstrated that the integration of local values ​​such as sasi laut and pela gandong is effective in strengthening the ecological awareness of the younger generation.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnes Despriana & Dewi Puspita Rianti. (2024). Analisis Peran Pendidikan Kelestarian Lingkungan dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, Vol.1 No.2, Januari 2024.

Despriana, A., & Rianti, D. P. (2024). Analisis Peran Pendidikan Kelestarian Lingkungan dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, Vol. 1, No. 2.

Fadli, R., & Hattu, R. (2025). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Sasi Laut dalam Pembelajaran Konservasi di Maluku. Jurnal Ilmu Lingkungan Indonesia, Vol. 13, No. 1.

Feky Manuputty; Simona Christina Hendrika Litaay; Afdhal Afdhal; Nathalia Debby Makaruku. (2024). Sosialisasi Pendidikan Keluarga Berbasis Kebudayaan sebagai Penguatan Identitas Lokal di Maluku. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, Vol.2 No.8, Oktober 2024.

Hadrinus Kasman Jaodan; Florentina Yunita; Emanuel Geri Degu. (2025). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Generasi Muda dalam Inovasi Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, Vol.9 No.6, 29 Juni 2025.

Haumahu, S., & Supusepa, J. (2023). Keanekaragaman Spesies Gastropoda di Zona Intertidal Negeri Tial, Maluku Tengah. Jurnal Laut Pulau: Hasil Penelitian Kelautan, 2(2), hlm. 1-5.

Jaodan, H. K., Yunita, F., & Degu, E. G. (2025). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Generasi Muda dalam Inovasi Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, Vol. 9, No. 6.

Lahay, A. F., & Delis, P. C. (2024). Upaya Peningkatan Kualitas Ekosistem Wilayah Pesisir dan Laut di Lampung. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Unila, Vol. 2, No. 1.

Latuconsina, Rahmad A. & Pattiradjawane, R. 2024. Revitalisasi Kearifan Lokal “Sasi Laut” sebagai Model Konservasi Berbasis Komunitas di Maluku. Jurnal Konservasi Alam Nusantara, 9(1), 55–70. Universitas Pattimura.

Litaay, S. C. H., Manuputty, F., & Makaruku, N. D. 2024. Pendidikan Keluarga Berbasis Kebudayaan sebagai Penguatan Identitas Lokal di Maluku. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, Vol. 2 No. 8.

Marlinda, N., Natania Ibrahim, S., Sanjaya, A., & Arie Hetami, A. 2024. Kegiatan Penanaman Mangrove Sebagai Salah Satu Upaya Pelestarian Ekosistem Pesisir di Desa Kersik, Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Polmanbabel, Vol. 4, No. 02, 2024, hlm. 136.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. 2023. Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Nurwulan, Dian & Hartono, Agus. 2023. Strategi Pendidikan Lingkungan untuk Penguatan Kesadaran Ekologis Generasi Muda di Wilayah Pesisir. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 7(3), 89–103. Universitas Negeri Jakarta.

Pattiradjawane, R. & Leimena, F. 2023. Kolaborasi Multipihak dalam Pengelolaan Konservasi Berbasis Komunitas di Ambon. Jurnal Konservasi Alam Nusantara, 9(2), 90–108. Universitas Pattimura.

Purwanto, H., Hayatillah, S., Wiasih, S., Listiani, L., Mabrur, A.N., & Mahpudin, M. 2024. Strategi Membangun Generasi Peduli Lingkungan dan Implementasi Pendidikan Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, Vol.4 No.2, hlm.95-102.

Saimima, S., & Makaruku, N. D. 2024. Peran Komunitas Pesisir dalam Pengelolaan Konservasi Berbasis Adat di Ambon. Jurnal Ekologi Maluku, Vol. 7, No. 2.

Suhartini, Endah. 2023. Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar Pesisir. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 112–126. Universitas Negeri Malang.

Suhendar, Dwi & Wahyudi, R. 2023. Pendidikan Lingkungan sebagai Upaya Pemberdayaan Generasi Muda dalam Konservasi Ekosistem Laut. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 71–85. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuni, Ika. 2024. Efektivitas Program Sekolah Hijau dalam Meningkatkan Sikap Konservatif Siswa Pesisir. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Lingkungan, 5(1), 88–102. Universitas Negeri Semarang.

Marhan, S.Pi., MT., C.EIA 2025. Ilmu Lingkungan dan Konservasi. Cendikia Mulia Mandiri.

Petrus Gunarso & Masri Sareb Putra (Ed.) 2025. Konservasi Alam di Indonesia: Evaluasi, Efektivitas, dan Tantangan Desentralisasi. Lembaga Literasi Dayak.

Rohmatin Agustina, Aditiameri, Asmita Ahmad dkk. 2025. Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Azzia Karya Bersama.

Sukma, A. P., Faizah, & Kusumaningrum, H. E. 2025. Evaluasi Program Adiwiyata dalam Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan SMP Ar-Ridha Al-Salaam [Model CIPP]. Mozaic: Islam

Published
2025-11-16
How to Cite
Sahusilawane, J., & Badaruddin, E. (2025). STRATEGI PENDIDIKAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KONSERVASI SATWA LIAR PADA GENERASI MUDA DI DESA LEAHARI, PULAU AMBON. MAANU: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 197-214. https://doi.org/10.30598/maanuv3i2p197-214