Abstract
Abstrak. Pembelajaran matematika tidak akan terlepas dari adanya penggunaan media. Berdasarkan angket penggunaan media yang diberikan kepada 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Buru, diperoleh 32,1% responden yang menyatakan bahwa guru tidak pernah menggunakan media saat pembelajaran matematika di kelas. Padahal materi pembelajaran matematika yang disampaikan dengan bantuan media akan menjadi lebih mudah dipahami siswa. Multimedia pembelajaran interaktif menjadi salah satu media yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Seiring dengan perkembangan teknologi, android sudah menjadi kebutuhan, digunakan oleh siapa saja termasuk siswa SMP di Kabupaten Buru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang memiliki empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 15 Buru dengan melibatkan subjek dari siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android sudah valid dan praktis dengan persentase validasi ahli materi sebesar 98%, persentase ahli media sebesar 94%, dan persentase angket tanggapan siswa sebesar 90%.
Kata kunci. Pengembangan, Multimedia, Interaktif, Android, Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.