MODEL PENGEMBANGAN PELABUHAN PUSAT KAJIAN UNGGULAN DAERAH DAN PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR (PKUD-PPMP) UNIVERSITAS PATTIMURA DI DESA HILA-MALUKU

  • Ruth Phetrosina Soumokil Universitas Pattimura
Keywords: Pelabuhan, Infrastruktur Pelabuhan, Soft System Methodology

Abstract

Abstrak Pelabuhan Pusat Kajian Unggulan Daerah dan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (PKUD-PPMP) Unpatti yang berlokasi di Hila, merupakan salah satu pelabuhan yang strategis karena dirancang untuk mengintegrasikan pengembangan usaha perikanan yang terdiri dari 4 mitra yakni Pemerintah, Akademik,  Usaha dan Masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif terhadap pengembangan usaha perikanan, oleh karena itu dibutuhkan suatu model konseptual yang integrative yang dapat dijadikan acuan untuk pengembangan Pelabuhan PKUD-PPMP untuk menunjang kemajuan perikanan tangkap ke depan. Paper ini bertujuan untuk membuat model konseptual pengembangan pelabuhan perikanan yang terintegrasi di Desa Hila berdasarkan Aspek Fasilitas Pokok yang tersedia pada Pelabuhan PKUD-PPMP tersebut. Analisi Data dilakukan dengan menggunakan Pendekatan Soft System Methodology (SSM) yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu : situasi masalah; pemaparan situasi masalah yang hasilnya digambarkan dengan rich picture; menetapkan root definitions untuk mengatasi permasalahan yang telah dirumuskan; membuat model konseptual berdasarkan root definitions. Dari hasil Penelitian didapat bahwa Pengembangan Pelabuhan PKUD-PPMP harus  menitik beratkan pada : Penambahan Fasilitas Bollar untuk mempermudah pendaratan ikan, pemanfaatan dermaga dan kolam pelabuhan oleh nelayan sekitar Pelabuhan, pengadaan fasilitas Cold Storage, perbaikan jalan dari dan menuju pelabuhan untuk memperlancar transportasi darat, membuka jalur-jalur keterikantan dengan pasar yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kepmen KP No. 50/KEPMEN-KP/2017. 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020. p. Bab III/Bagian Keempat/Paragraf 2.

E. S. W. Aprilia Syah Putri, Iin Solihin, “Strategi Optimalisasi Fungsi Pelabuhan Perikanan Dalam Pemasaran Hasil Tangkapan Di PPP Lempasing,” ALBACORE J. Penelit. Perikan. Laut, vol. 1, no. 2, pp. 171–183, 2018.

Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan no PER.08/MEN/2012. 2012.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : KEP. 02/MEN/2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan Penangkapan Ikan. 2002.

K. Fazri, I. Solihin, and Mustaruddin, “Fasilitas Dan Tingkat Operasional Pelabuhan Perikanan Di Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh,” ALBACORE J. Penelit. Perikan. Laut, vol. 5, no. 1, pp. 007–016, 2021, doi: 10.29244/core.5.1.007-016.

G. Sinaga, V, A. Rosyid, and B. Wibowo, A, “Optimalisasi Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Dasar Dan Fungsional Di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Dalam Menunjang Kegiatan Penangkapan Ikan,” J. Fish. Resour. Util. Manag. Technol., vol. 2, no. 1, 2013.

“Pemerintah Negeri Hila.” https://hila.desa.id/index.php?act=data_umum.

N. Sari et al., “Peningkatan Penanganan Ikan Hasil Tangkapan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu,” J. Pus. Inov. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 80–84, 2020.

Hidayatullah, “SSM Sebuah Pendekatan Holistik untuk Kegiatan Aksi (Learning For Action),” J. Sosiol. Islam, vol. 1, pp. 109–116, 2011.

J. Zain, “Studi Tata Letak Fasilitas di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan Propinsi Jawa Timur,” Repos. Univ. Riau, 2013.

E. Lubis, Pelabuhan Perikanan. Indonesia: Penerbit IPB Press, 2012.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2021. .

E. Lubis, Pengantar Pelabuhan Perikanan. Bogor: Laboratorium Pelabuhan Perikanan Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan dan Ilmu kelautan Institut Pertanian Bogor, 2002.

S. K. Elfandi, Administrasi Pelabuhan Perikanan. 2011.

A. Syahza, Metodologi Penelitian. UR PRESSISBN: 978-623-255-107-7, 2021.

S. Hardjosoekarto, Soft System Methodology (Metodologi Serba Sistem Lunak). Universitas Indonesia Press, 2012.

T. Sirmareza, “Aplikasi Soft System Methodology Dalam Analisis Diplomasi Angkatan Laut Melalui Pengiriman Satgas Maritim TNI Pada Misi UNIFIL MTF,” Glob. J. Polit. Int., vol. 19, no. 1, 2017.

P. J. Checkland P, Learning for Action: A Short Definitive Account of Soft System Methodology and its use for Practitioners. England: John Wiley and S o n s , Ltd, 2006.

W. H. A. Rahmah, Nurani WT, “Management Of Troll Fisheries with Fish Agregating Pondokdadap Sendang Biru, Malang,” J. Teknol. Perikan., vol. 4, pp. 73–88, 2013.

D. G. Ruswandi A., “Strategi Pengembangan Investasi di Sekitar Pelabuhan Perikanan Tipe B di Jawa Barat.,” J. Akuatika, vol. 4, pp. 89–101, 2013.

Published
2024-05-22