ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TIPE BUSI TERHADAP TORSI DAN DAYA JUPITER MX TAHUN 2010

  • Sefnath Josep Etwan Sarwuna Universitas Pattimura
  • Jandri Louhenapessy Universitas Pattimura
  • Willem M E Wattimena Universitas Pattimura
  • Arthur Yanny Leiwakabessy Universitas Pattimura
Keywords: dynamometer prony brake, kinerja mesin, torsi dan daya efektif

Abstract

Abstrak Salah satu tantangan dalam bidang otomotif yakni menjaga kinerja mesin tetap maksimal adalah dengan menghasilkan pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang sempurna. Pembakaran di dalam ruang bakar motor bensin dipengaruhi oleh kualitas percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi. Sejalan dengan itu para produsen otomotif berlomba untuk menghadirkan busi dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda untuk menjaga maupun meningkatkan kinerja mesin. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan tipe busi standar dan tipe busi iridium terhadap torsi dan daya efektif sepeda motor jupiter mx tahun 2010. Penelitian menggunakan metode eksperimental, dan dilakukan secara statis menggunakan alat uji dynamometer prony brake. Pengambilan data penelitian didasarkan pada variasi beban prony dan tipe busi yang digunakan. Data penelitian kemudian diolah untuk menghitung torsi motor penggerak, torsi motor dan daya efektif motor. Hasil penelitian menunjukan torsi meningkatan hingga mencapai 9,83 N.m dan daya efektif mencapai 4636,65 W pada reduction gear 1, 2, dan 3 untuk tiap variasi beban prony dibandingkan penggunaan tipe busi standar. Sedangkan pada reduction gear 4 pengaruh penggunaan busi standar cenderung lebih tinggi yakni torsi mencapai 12,87 N.m dan daya efektif mencapai 5813,11 W pada variasi beban prony yang besar dibandingkan busi iridium. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan tipe busi tertentu pada sepeda motor harus disesuaikan spesifikasi dan kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. S. Widodo and M. Si, “BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR EMPAT TAK 125 CC . RONI PRASETYO Dibimbing oleh :,” vol. 02, no. 05, pp. 0–9, 2018.

S. J. E. Sarwuna, W. M. E. Wattimena, J. Louhenapessy, and A. Y. Leiwakabessy, “Analisa Penggunaan Tipe Busi Terhadap Pemakaian Bahan Bakar Efektif Sepeda Motor Kapasitas 135Cc,” J. Tek. Mesin, Elektro, Inform. Kelaut. dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2023, doi: 10.30598/metiks.2023.3.2.36-43.

A. Syahrifudin, D. Teguh Santoso, and V. Naubnome, “Pengaruh Variasi Busi Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor,” J. METTEK, vol. 6, no. 2, p. 103, 2020, doi: 10.24843/mettek.2020.v06.i02.p04.

B. N. H. Ibrahim, A.H. Sebayang, J. Sutrisno, “A comparative study of the performance and exhaust emissions for standard and multi electrode spark in SI engine,” Din. Tek. Mesin, vol. 10(2), no. 2, pp. 141–151, 2020.

Y. A. Winoko and W. Y. Rismandara, “Pengaruh Penggunaan Busi Iridium dan Nikel Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Mesin 4-langkah,” Politek. Negeri Malang, vol. 7, no. 2, pp. 26–30, 2019.

R. Sihombing, M. Surya Putra, A. Fatmawati, and S. Lolongan, “Pengaruh Penggunaan Busi Iridium Sc16Hr11, Liben Platinum Lzkar6X Dan Duration Double Iridium Ldr7Td1 Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil Avanza 1300 Cc Tahun 2016,” Pros. Snitt Poltekba, vol. 2, no. 1, pp. 357–363, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/421

S. J. E. Sarwuna, W. M. E. Wattimena, and C. S. E. Tupamahu, “Kaji Pengaruh Penggunaan Tipe Busi Terhadap Kinerja Sepeda Motor Sebagai Sarana Transportasi,” J. Tek. Mesin, Elektro, Inform. Kelaut. dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.30598/metiks.2021.1.1.1-8.

I. Habibi, Sumarji, and G. N. Yudha, “G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 100–109, 2022.

A. Prakoso and E. Gunawan, “Pengaruh Penggunaan Variasi Busi Terhadap Performa Motor Injection Vixion 150 Cc Berbahan Bakar Pertalite,” Mechonversio Mech. Eng. J., vol. 4, no. 1, pp. 11–14, 2021, [Online]. Available: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio/article/view/1573

R. P. Simamora and T. S. Panjaitan, “Analisa Pengaruh Busi Panas Dan Busi Dingin Terhadap Sepeda Motor Yamaha Vega R 115 Cc Di Pt. Bursa Motor Sidikkalang,” J. Rotor, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.usi.ac.id/index.php/rotor/article/view/307%0Ahttp://jurnal.usi.ac.id/index.php/rotor/article/download/307/303

B. Budiyono and A. E. Mahfudin, “Perbandingan Busi Standar Dengan Busi Platinum Pada Sepeda Motor Honda Cb 150 Terhadap Power Dan Konsumsi Baha Bakar Dengan Variasi Celah Busi,” Surya Tek., vol. 2, no. 2, pp. 1–5, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/surya_teknika/article/view/1279

M. F. Perdana, Budiyono, and I. Prasetyo, “1304-Article Text-2938-1-10-20221104,” Perbandingan Pengguna. Busi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Mot. Honda Scoopy Tahun 2016, vol. 7, no. Tdr 071, pp. 8–15, 2020.

A. Prasetiyo and R. Rifdarmon, “Analisis Variasi Penggunaan Busi pada Sepeda Motor Yamaha Vixion Tahun 2015 Terhadap Daya, Torsi dan Emisi Gas Buang,” AEEJ J. Automot. Eng. Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2020, doi: 10.24036/aeej.v1i1.4.

M. Niqirs, “Dasar Teori Difraksi,” pp. 2–3, 2012, [Online]. Available: https://www.scribd.com/doc/106148486/Dasar-Teori-DIFRAKSI

I. Nurdianto and A. Ansori, “Pengaruh Variasi Tingkat Panas Busi Terhadap Performa Mesin Dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Tak,” Jtm, vol. 03, no. 03, pp. 119–127, 2015.

Y. Tiardi, S. Mahendra, and F. Fatra, “Pengaruh Hydrocarbon Crack System Dengan Variasi Jenis Busi Terhadap Peforma Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Tak 150 CC,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 90–101, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/view/1891%0Ahttp://e-journal.ivet.ac.id/index.php/joveat/article/download/1891/1348

M Bagus Anggoro, Armila, and Rudi Kurniawan Arief, “Analisis Variasi Busi Terhadap Performa dan Bahan Bakar Motor Bensin 2 Langkah Yamaha F1ZR 110CC,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 61–68, 2021, doi: 10.37373/jttm.v2i2.137.

N. Gama Yoga and M. Lutfhi Aziz, “Influence Analysis of CDI and Spark Plug Variation on Performance and Fuel Consumption of Vespa Strada Motors,” J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 8, pp. 10–17, 2022.

Y. J. Prasetyo, M. Abdulkadir, and A. Warsita, “Studi Eksperimental Pengaruh Penggunaan Busi Iridium Terhadap Kinerja Mesin Honda Vario 150 CC Tahun 2017,” vol. 03, no. 01, pp. 1–9, 2022.

A. C. Arifin and R. M. Bisono, “Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor 4 Langkah Dengan Penggunaan Variasi Busi,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, p. 55, 2023, doi: 10.17977/um074v7i12023p55-58.

M. I. Musa, Zulhaji, and Darmawang, “Analisis of Spark Plug Usage On Motorcycle Power,” J. Media Elektr., vol. 20, no. 2, pp. 98–104, 2023.

Published
2024-06-01