Kajian Optimasi Ukuran Kapal Tradisonal dan Perhitungan Hambatannya

  • Fany Laamena Universitas Pattimura
  • Admiral Taihutu Universitas Pattimura
Keywords: Kapal tradisional, AHP, Optimal, Displasemen, Hambatan, Maxsurf

Abstract

Abstrak Kapal tradisional yang berada pada jalur pelayaran di Maluku, khusus pada jalur pelayaran Ambon-Manipa memiliki peran penting sebagai salah satu moda transportasi di Maluku. Kapal-kapal kayu ini dibangun tanpa melalui kajian ilmiah, tetapi hanya berdasarkan pengalaman turun- temurun dalam menentukan panjang kapal,  bentuk lambung, daya muat serta ukuran lainnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hambatan kapal sebab jika nilai hambatannya besar, sangat mempengaruhi operasional kapal dan dapat merugikan pemilik kapal itu sendiri. Itulah sebabnya tujuan penelitian ini  adalah untuk mengaji ulang secara ilmiah dengan  menggambar model kapal yakni lines plan dari kapal yang terpilih dengan kecepatan yang ada, hambatan sekecil mungkin dengan daya muat sebesar mungkin. Metode AHP( Analytic Hierarchy Proces) adalah metode yang digunakkan untuk pemilihan kapal dari lima buah kapal yang ada pada jalur pelayaran Ambon- Manipa. Berdasarkan hasil survey di lapangan dan pengolahan data, terpilih KM Cahaya Rahma. Hasil yang diperoleh menggunakan aplikasi Maxsurf adalah perhitungan hidrostatik untuk mengetahui displasemen kapal atau berat kapal total saat garis air penuh sebesar 25.67 ton. Nilai hambatan dan daya kapal adalah 4.96 kN dan 23.004 kW pada saat kecepat an kapal 9 knot.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mufti, F.M. et al, Issue in Design of Indonesian Traditional Ships, Journal of Ocean, Mechanical and Aerospace-Science and Engineering, Vol.12, pp: 7-12, 2014.
[2] Oni, R. Dan Utama, I.K.A.P., Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Axe Bow Pada Kapal High Speed Craft Terhadap Hambatan Total, Jurnal KAPAL, Vol. 12, No. 2, Hal. 78 – 87, 2015.
[3] Sahlan dkk, Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Terhadap Pola Aliran dan Powering Pada Kapal Perairan Sungai dan Laut, Jurnal KAPAL, Vol 13, No 1, Hal 1-6, 2016.
[4] Mufti dkk, Perhitungan Hambatan Pada Perahu Tradisional, Jurnal Teknologi dan Riset Terapan Volume 1, Nomor 2, Hal 81-85, 2019.
[5] Andy dkk, Kajian Penggunaan Program Aplikasi Desain Kapal Tradisional Pada Galangan Kapal Kayu Di Kabupaten Batang,
Jurnal Kapal Volume 12 Nomor 3, Hal 139-144, 2015.
[6] Sarwoko dan Budhi Santoso, Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT, Jurnal Rekayasa Mesin Volume 14 No.1, Hal 23-26, 2019.
[7] Andoyo W dkk, Analisis Human Error terhadap Kecelakaan Kapal pada Sistem Kelistrikan berbasis Data di Kapal, Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 1, (2015) ISSN: 2337-3539.
[8] Didiet Sudiro dkk, Pemilihan Variabel Penentu Perawatan permesinan kapal untuk menaikkan keandalan Kapal TNI AD, Jurnal Kajian Teknik Mesin No.1, Vol. 2, Hal 123-132, 2016.
[9] Arisusanty, D.J, dkk, Analisa Menentukan Kriteria Pemilihan Pelabuhan Pengumpan Tol Laut Menggunakan Metode AHP, Jurnal Albacore, vol. 2, No.1, Hal 057-067, 2018
[10] MAXSURF Resistance Program & User Manual Bentley Systems, Incorporated. All rights reserved. Copyright © 2017.
[11] Erik Sugianto dan Arif Winarno, Computational model tahanan kapal untuk menentukan kebutuhan daya kapal bulk carrier 8664 DWT, Jurnal Kelautan, Vol.10, No.2, Hal 168-173, 2017.
Published
2021-11-25